Stabilkan Harga, Pemkot Batu Siapkan Pasar Murah

Di bulan Ramadan ini, Pemkot Batu menyedikan Pasar Murah yang akan digelar di depan Balaikota Batu

Kota Batu, Bhirawa
Untuk menstabilkan harga pada bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri ini, Pemerintah Kota Batu membuat program inovasi berupa Pasar Murah. Di Pasar Murah ini menyediakan barang yang dijual dengan harga murah dan terjangkau oleh masyarakat.
“Kalau judulnya Pasar Murah, yang dijual harus benar-benar murah. Kalau masih mahal, bukan Pasar Murah lagi tapi pasar pindah,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batu, Sinal Abidin, Selasa (30/5).
Sinal menjamin bahwa pasar murah ini tidak hanya sekedar nama saja. Namun barang yang dijual merupakan barang yang benar-benar murah dan terjangkau oleh masyarakat. Indikator murahnya sebuah barang ini, harga barang tersebut lebih murah ketimbang harga Pasar.
Ia memberikan contoh, jika di Pasar harga telur perkilogramnya mencapai Rp 24 ribu, harga telur di Pasar Murah ini sebesar Rp 22 atau 23 ribu. Begitu juga harga beras dan gula, kalau seandainya di Pasaran harga beras dan gula perkilogramnya Rp 10 ribu, maka dalam Pasar Murah ini hanya dijual Rp 9 ribu.
Namun demikian, panitia juga akan melakukan pembatasan jumlah pembelian.
Hal ini dilakukan agar tidak terjadi aksi borong oleh orang-orang yang berkepentingan. Selain itu panitia juga akan menerapkan seleksi calon penjual dengan ketat, agar barang yang dijual dalam Pasar Murah ini benar-benar murah.
“Kita tidak hanya akan mengecek terlebih dahulu kualitas barangnya, tapi kita pastikan barang yang dijual benar-benar murah, kita perkirakan akan ada 32 pedagang,” jelas Sinal.
Selain itu Pemkot Batu akan bekerjasama dengan peternak, petani dan Bulog secara langsung, tujuannya agar barang yang dijual dalam Pasar Murah ini benar-benar murah dan terjangkau masyarakat.
Disperindag akan melaksanakan Pasar Murah ini pada 7- 11 Juni mendatang. Adapun lokasi Pasar Murah akan mengambil tempat di halaman Balai Kota Among Tani.
Selain menyiapkan Pasar Murah, di Bulan Ramadhan ini Disperindag juga memfasilitasi Karang Taruna dan Paguyuban PKL yang ingin menggelar jual takjil dan makanan di depan Balai Kota. [nas]

Tags: