SCC Kab.Sidoarjo Dipastikan Beroperasi Tahun Ini

Kondisi Gedung SSC yang terus dikebut agar tahun 2017 bisa mulai operasional. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Ambisi Pemkab Sidoarjo untuk mewujudkan gedung serba guna yang tergolong mewah segera terealisir. Sesuai rencana, pembangunan proyek prestisius Sidoarjo Community Center atau SCC itu bakal tuntas tahun ini, bahkan akhir tahun 2017 ini sudah mulai operasional walaupun belum secara menyeluruh.
Gedung yang dibangun sejak tahun 2014 di Jl Lingkar Timur (JLT) dengan menggunakan lahan seluas sekitar 6,2 hektar ini, merupakan sebuah perwujudan dari Visi Misi Bupati Sidoarjo dan Wakil Bupati Sidoarjo terpilih, yakni Saiful Ilah dan Nur Ahmad Syaifuddin.
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, kini pembangunan gedung itu sudah mencapai sekitar 80% lebih dari total pembangunan yang direncanakan. Gedung ini diharapkan bakal menjadi ikon baru Kota Sidoarjo setelah Alun-alun dengan Monumen Jayandarunya. Gedung SCC ini juga memiliki beberapa fungsi, seperti untuk segala macam kegiatan warga yang salah satunya untuk acara pernikahan dan kegiatan-kegiatan lain.
Kami harus mewujudkan Gedung SSC ini, karena waktu kampanye banyak sekali masyarakat yang menanyakan kalau Sidoarjo tak mempunyai gedang serbaguna. Selain itu, juga untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi warga yang menyewa buat keperluan pernikahan. ”Nantinya juga akan dilengkapi masjid yang bisa digunakan untuk proses ijab kobul, promosi besar yang lainnya,” jelas Saiful Ilah.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Ir Sigit Setyawan mengatakan, konsep pembangunan SCC memang dirancang dan dipersiapkan untuk memiliki banyak fungsi.
Di lantai satu, terdapat sebuah convention center atau ruang serba guna dengan kapasitas 2 ribu orang, yang saat ini telah selesai dikerjakan dan tinggal melakukan finishing untuk asesoris seperti interior, AC, lampu, sound system, dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.
Selain itu, juga dilengkapi kamar-kamar yang sekelas dengan hotel berbintang. Jumlah kamarnya memang tidak terlalu banyak, tapi paling tidak hal ini merupakan layanan yang nantinya diberikan saat ada pesta perkawinan. ”Penyewa seperti mempelai dan keluarganya tidak lagi harus repot-repot mencari kamar di luar gedung, karena ditempat itu sudah disediakan kamar tidur sekelas hotel bintang,” katanya.
Disamping itu, SCC juga menyediakan ruang pertemuan dengan berkapasitas 700 orang dan 200 orang. Hal ini dibuat sesuai dengan kebutuhan. ”Terdapat juga hall yang luas bisa digunakan sebagai tempat olah raga indoor seperti basket, futsal, volley ball dan sejenisnya,” jelas Sigit Setyawan. [ach]

Tags: