PKK Kota Malang Jadi Pionir Pemberdayaan UMKM

foto ilustrasi

Kota Malang, Bhirawa
PT Tuv Nord Indonesia Laboratory Services, perusahaan yang menjadi mitra kerja Kementerian Koordinator Perekonomian RI,  mengundang sekaligus melakukan asistensi singkat kepada UMKM Kota Malang  Selasa 9/5 kemarin.
Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Malang, Rinawati, kepada sejumlah wartawan mengutarakan,  Kemenko Perekonomian RI, memberikan undangan khusus  kepada Pemkot Malang, untuk   PKK  dan UMKM. Undang ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan Asisten Deputi Moneter dan Neraca Pembayaran Kemenko RI,  Edi Priyo Pambudi, di Kota Malang  pada bulan Maret 2017 yang lalu.
“Ketertarikan Kemenko Perekonomian atas program kerja PKK kota Malang dalam mengembangkan home industri (produk rumah tangga) dan kemandirian pangan melalui gerakan menanam (urban farming),” tutur Rinawati.
Program ini, memantik kementerian untuk mengundang, sekaligus memberikan fasilitasi peningkatan kualitas produk sesuai standar mutu ISO. Langkah awal dengan mengundang untuk mendapat gambaran sekaligus mengetahui secara langsung proses uji laboratorium di PT Tuv Nord Indonesia.
Sementara itu, General Manajer PT.  Tuv Nord Indonesia, Herdiansyah, menyatakan kesiapan untuk bermitra dengan Pemkot Malang,  dalam meningkatkan kualitas produk produk industri rumah tangga di Kota Malang.
“Kita sudah menjadi mitra Pemerintah Pusat untuk melakukan pengujian produk produk pangan, produk produk kesehatan hingga produk produk perawatan tubuh. Tuv Nord akan segera menyusun program kerja bersama Kemenko RI untuk mengembangkan program di Indonesia,  “ujar Herdiansyah.
Di tempat yang sama Edi Priyo Pambudi menegaskan kembali bahwa Kota Malang, utamanya gerakan “agresiv” PKK dalam pemberdayaan perempuan serta perekonomian daerah dinilai mampu menjadi pelopor untuk gerakan serupa di daerah lainnya.
“Kami memberikan apresiasi kepada PKK Kota Malang, langkahnya patut menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia,”tuturnya. [mut]

Tags: