Pencanangan BBGRM Ke-XIV dan HKG PKK Ke-45 serta Gelar TTG Tahun 2017

Ikfinah Kamal Pasha (kanan) Ketua TP PKK Kab Mojokerto menyerahkan hadiah kepada salah satu pemenang lomba. [kariyadi/bhirawa]

(Jadi Tonggak Semangat Gotong-royong).
Kab Mojokerto, Bhirawa.
Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, membuka pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 serta Pameran Produk Unggulan dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Kab Mojokerto Tahun 2017, yang helat di lapangan olah raga Desa Randubango, Kec Mojosari, Sabtu (6/5).
Mengusung tema Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Kita Tingkatkan Peran Lembaga Kemasyarakatan Menuju Masyarakat Mandiri dan Sejahtera, Wakil Bupati menekankan empat point penting yang harus diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.
”Hindari masalah yang dapat memicu perpecahan, jadikan perbedaan sebagai kekuatan bangsa, bentengi generasi penerus bangsa dari bahaya Narkoba dan jadikan kesempatan pada hari ini sebagai tonggak pemacu semangat kegotongroyongan. Sehingga dapat tercipta suasana kekeluargaan dalam pelaksanaan program-program pembangunan yang dilaksanakan perangkat daerah di Kab Mojokerto,” pesan Wabup Pungkasiadi.
Wabup menambahkan, Gerakan PKK, yang sudah melembaga di tengah masyarakat harus senantiasa didukung semua elemen. Ini mengingat PKK dan 10 Program Pokoknya, bisa dirasakan langsung hasil nyatanya.
”Peran aktif PKK dengan 10 Program Pokok yang dimiliki, sudah sangat teruji kiprah dan kepeduliannya di tengah masyarakat sebagai binaannya. Melalui itu pula, aspek-aspek pemberdayaan masyarakat diharapkan berjalan dengan baik,” tambahnya.
Sementara itu,  Ketua Pelaksana acara sekaligus Asisten I bidang Kesra Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Agus M Anas, menjabarkan beberapa hal teknis terkait pelaksanaan BBGRM ke-XIV dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 serta Pameran Produk Unggulan dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ini.
”Event tahunan ini melibatkan berbagai element penting masyarakat seperti TNI, Polri, Forkopimda, dan seluruh masyarakat. Tidak kurang dari 3.500 peserta dari 18 kecamatan ikut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan seperti devile hasil bumi dan pameran produk unggulan, serta ada lomba musik patrol. Dilaksanakan juga kegiatan donor darah, pengobatan gratis dan kerja bakti tanam pohon,” urai Anas.
Dalam helatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis dan penghargaan kepada  pemenang rangkaian kegiatan BBGRM ke-XIV dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45 serta Pameran Produk Unggulan dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) 2017 oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa, bersama dengan wakilnya, Yayuk Pungkasiadi, beserta Sekretaris Daerah Kab Mojokerto, Herry Soewito.
Para penerima penghargaan itu diantaranya saja Juara I, II dan III  Pelaksanaan Gotong Royong Terbaik yang diterimakan kepada Agus Supriyanto selaku Kades Mojowatesrejo (Kecamatan Kemlagi), Wanab selaku Kades Mojokembang (Kec Pacet) dan Senedi selaku Kades Belahan Tengah  (Kec Mojosari).
Secara menyeluruh, event rutin tahunan ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembangunan di bidang pemasyarakatan, bidang ekonomi, sosial budaya, agama, bidang lingkungan serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa menuju perkuatan integrasi bangsa. [kar.adv]

Tags: