Pemkab Blitar Kembangkan Wisata Paralayang Gunung Pegat

Tampak salah satu pengembangan wisata Paralayang di Gunung Pegat Kabupaten Blitar yang mulai berkembang. [ Hartono/Bhirawa]

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Blitar mulai tahun ini mulai mengembangkan dan membantu pariwisata di sektor Pemberdayaan Masyarakat Desa guna mengembangkan Wisata Paralayang Gunung Pegat.
Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo, menjelaskan saat ini di Kabupaten Blitar tengah mengembangkan potensi wisata lokal yang dikembangkan oleh masing-masing Desa/Kelurahan di Kabupaten Blitar, dimana wisata Olah Raga Paralayang yang ada di Gunung Pegat salah satunya
“Sebagai komitmen kami mengembangkan wisata tersebut kami siap membantu agar semua berjalan dengan baik dan lancar,” kata Marhaenis.
Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Blitar, Luhur sejati juga mengatakan  sejauh ini keterlibatan masyarakat sekitar wisata Paralayang Gunung Pegat tepatnya warga Kecamatan Ponggok untuk mengembangkan sektor wisata tersebut sudah bagus, namun karena Pemkab Blitar terkendala minimnya anggaran untuk bisa mengembangkan secara maksimal di sektor pariwisata tersebut seperti  pembangunan venue dan sarana prasarana yang lain nya maka Pemkab Blitar tahun ini hanya lakukan pemberdayaan masyarakat desa untuk mengembangkan sektor pariwisata ini dengan cara seperti cara melakukan pemasaran melalui berbagai cara, pengelolaaan tempat wisata dan bantuan penyuluhan wisata dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Blitar.
“Tahun ini kita berupaya kembangkan wisata Paralayang yang ada di Gunung Pegat yang mulai dilirik para pecinta olahraga Paralayang di Kabupaten Blitar, dimana untuk sosialisasi dan pengembangan SDM akan mulai kita lakukan sebagai bentuk bantuan dari Pemkab Blitar,” kata Luhur Sejati.
Selain itu Luhur mengaku dengan adanya Dana Desa saat ini cukup bisa membantu dan mampu untuk mengembangkan sektor pariwisata di masing-masing Desa termasuk di lokasi Paralayang Gunung Pegat yang berada di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.
“Kami juga berharap semua pihak untuk bisa membantu pengembangan pariwisata Paralayang, seperti Desa yang bisa menggunakan Dana Desanya untuk pengembangan dan meningkatan potensi wisata Desa,” jelasnya.
Luhur juga menambahkan, sejauh ini pihaknya melihat animo dan antusias masyarakat cukup besar untuk berkunjung dan melakukan kegiatan olahraga Paralayang di Gunung Pegat Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, sehingga sosialisasi yang utama sebagai pendukung pengembangan wisata tersebut yang akan semakin ditingkatkannya.
“Karena sosialisasi sebagai salah satu sumber untuk meningkatkan potensi wisata, selain itu kami akan berikan sosialisasi ini diluar daerah sebagai salah satu wisata baru di Kabupaten Blitar,” imbuhnya.
Anggota DPRD Kabupaten Blitar, Abdul Munib, juga berharap olah raga yang memilik potensi wisata di Kabupaten Blitar harus bisa didukung oleh Pemkab Blitar utamanya OPD terkait. Agar selain memiliki pemasukan daerah juga akan memberikan dampak pada ekonomi lokal utamanya Desa yang menjadi target lokasi pengembangan wisata di Kabupaten Blitar.
“Pengembangan wisata merupakan tanggungjawab Pemkab Blitar untuk membantu dan memfasilitasi, utamanya akses jalan masuk serta fasilitas lainnya juga harus diberikan sebagai komitmen pengembangan wisata di Kabupaten Blitar,” kata Abdul Munib. [htn]

Tags: