Nelayan Pantai Sendangbiru Mulai Melaut

Hasil tangkapan ikan nelayan Pantai Sendangbiru saat akan dilelang di TPI Pondok Dadap, Desa Tambakrejo, Kec Sumbermanjing Wetan, Kab Malang

Kab Malang, Bhirawa
Nelayan Pantai Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, kini sudah melaut kembali. Melautnya para nelayan tersebut, karena cuaca ditengah laut sudah mulai membaik.
Ketua Kelompok Nelayan Rukun Jaya, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten setempat H Umar Hasan, Selasa (9/5), mengatakan musim tangkap ikan mulai membaik di bulan Mei. Dengan cuaca yang membaik, maka tangkapan ikan para nelayan di Pantai Sendangbiru akan ada peningkatkan sebesar 40 persen.
“Tapi sebelumnya, hasil tangkapan ikan para nelayan tersebut turun pada bulan-bulan sebelumnya, disebabkan cuacanya sangat buruk,” ungkapnya.
Membaiknya cuaca di pesisir Pantai Selatan pada awal bulan Mei ini jelasnya, membuat pendapatan nelayan juga ikut naik. Sehingga para nelayan juga mulai giat dan antusias untuk pergi melaut mencari ikan. Hasil tangkapan ikan nelayan kembali memenuhi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pondok Dadap, Desa Tambakrejo.
Melautnya para nelayan Pantai Sendangbiru ini, lanjut Umar, maka dirinya  berharap agar selanjutnya cuaca di pesisir Pantai Malamg Selatan lebih baik lagi.
Kepala Desa Tambarejo Sudarsono menambahkan, produksi tangkapan ikan nelayan Pantai Sendangbiru cenderung meningkat, dan ikan tuna tetap menjadi komoditas unggulan Pantai Sendangbiru. Seperti pada tahun 2016, nelayan mampu menangkap ikan tuna sebanyak 60 persen. Saat ini, kata dia, tangkapan ikan tuna para nelayan adalah jenis Albacore. Dan ikan tersebut sangat dimintai masyarakat dan perusahaan pengalengan ikan tuna. Selain ikan tuna jenis Albacore, juga ada ikan tuna yang jenis sirip kuning, yang biasanya diolah dalam bentuk steak dan saku, mayoritas ikan tuna sirip kuning itu diekspor.
“Hasil tangkapan ikan tuna nelayan Pantai Sendangbiru lebih dimintai para perusahaan pengalengan ikan tuna. Tapi sayangnya produksinya ikan tuna Pantai Sendangbiru belum sepenuhnya mampu memenuhi pasar ekspor,” paparnya. [cyn]

Tags: