Miliki Muatan Historikal, Jadi Destinasi Wisata Baru yang Mulai Diminati

Sejumlah wisatawan berada di Bukit Trianggulasi Bromo yang berada di Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura Kabupaten Lumajang.

Pesona Bukit Trianggulasi Bromo
Kota Surabaya, Bhirawa
Probolinggo menyimpan banyak potensi wisata. Yang terbaru adalah Bukit Trianggulasi.  Penduduk setempat menyambut objek wisata baru ini dengan menyediakan rumah mereka yang berada persis di bawah bukit sebagai peristirahatan sementara bagi para wisatawan sambil menunggu sunrise tiba.
Jatim memiliki banyak potensi wisata alam. Yang sekarang lagi dibicarakan masyarakat penggemar petualang adalah Bukit Trianggulasi Bromo yang berada di puncak Gunung Ringgit. Objek ini kini  menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Probolinggo.
“Memang belum banyak diketahui masyarakat luas, namun ke depannya saya yakin bakal menjadi tren baru di kawasan wisata yang sudah mendunia ini,” kata Camat Sukapura Yulius Christian di Probolinggo belum lama ini.
Pemerintah Kecamatan Sukapura merilis destinasi wisata baru di wilayah setempat, setelah sukses mengenalkan Goa Batman yang menjadi destinasi wisata pelengkap Gunung Bromo yang kini mulai ramai dikunjungi wisatawan.
“Bukit Trianggulasi berada di Dusun Pusung Malang Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura tepatnya di puncak Gunung Ringgit. Tidak hanya indah dan mempesona, namun memiliki muatan historikal dan legenda yang menyelimutinya,” tuturnya kepada Kantor Berita Antara.
Bahkan, wisatawan akan disuguhkan tradisi kuno turun temurun masyarakat Tengger yang akan membuat pengunjungnya selalu rindu ingin kembali mengunjungi kawasan destinasi wisata baru tersebut.
Dalam legendanya, lanjut dia, Joko Temenggung Keliwung yang merupakan putera pertama Joko Seger dan Roro Anteng dipercaya masyarakat sekitar sebagai penguasa Gunung Ringgit dan sekitarnya.
“Konon Joko Temenggung Kliwung dianugerahi kawasan ini oleh orangtuanya itu. Puncak dari Gunung Ringgit dengan ketinggian 2.500 meter dari permukaan laut (mdpl) ini sangat memungkinkan pandangan bebas bagi mata kita ke arah timur, utara dan selatan,” katanya.

Tags: