Langkah Awal Pemkot Kediri Garap RTH Semampir

Kota Kediri, Bhirawa.
Lahan yang dulunya sebagai tempat prostitusi  dipastikan oleh Pemerintah Kota Kediri dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Rencanya. RTH tersebut juga dikonsepsi sebagai tempat yang ramah anak. Sebagai langkah awal untuk mewujudkan RTH ini Pemkot Kediri melakukan penghijauan pada lahan lapang ini pada jumat (19/5) lalu.
Gerakan penghijauan ini dilakukan bersama 200 orang yang berasal dari komunitas Earth Hours, komunitas FKH, komunitas 3R, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Kediri dan warga RW 5 Kelurahan Semampir. Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, mengatakan, Pemerintah Kota Kediri akan menjadikan lahan tersebut sebagai RTH.
Oleh karena itu, penghijauan tersebut merupakan langkah awal dari rencana pembangunan.”Nanti jika sudah menjadi RTH setiap orang yang berkunjung kesini akan berfikir positif dan tidak lagi berfikiran negatif,” ujarnya. Selain itu, Walikota Kediri menjelaskan, kedepan kawasan ini akan dijadikan RTH yang representatif dan sustainable yang akan terlihat indah dari atas jembatan Semampir. Sedangkan di tahun 217 ini, pembangunan tersebut masih dalam tahap pra desain.”Memang kita telah memiliki skema yang akan dikerjakan di tahun 2018-2019. Untuk 2017 kita masih berada pada pra desain yang masuk di PAK nanti,” ungkapnya.
Dijelaskan, pra desain yang akan dibuat adalah taman yang ramah anak sehingga menjadi ramai. “Keramaian ini yang akan memberikan dampak positif bagi warga sekitar. Perekonomian di kawasan ini pasti akan bergerak,” harapnya.
Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri Didik Catur mengatakan jika ada 670 pohon yang ditanam dalam lahan ini diantaranya berjenis ketapang kencana, tabe puya kuning, tabe puya putih, sepatu dea, trembesi, kigelia dan pule.”  Semoga dengan ini kedepan Kota Kediri menjadi semakin indah ” kata Kepala DLHKP. [van.adv]

Tags: