Gubernur Borong Enam Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Gubernur Jatim Dr H Soekarwo menerima enam penghargaan dari Menpan dan RB Dr Asman Abnur SE MSi di Gelora Joko Samudro Gresik.

Pemprov, Bhirawa
Berbagai inovasi pelayanan publik yang terus dikembangkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dibawah kepemimpinan sang Gubernur, Dr. H. Soekarwo mendapatkan apresiasi tinggi dari pemerintah pusat.
Apresiasi itu ditandai dengan keberhasilan Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim  meraih enam penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional Tahun 2017 yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Dr. Asman Abnur SE MSi di Gelora Joko Samudro Gresik, Sabtu (20/5) malam.
Keenam penghargaan tersebut adalah untuk inovasi “HP Solusi Anak Berkebutuhan Khusus” – RSJ Menur, “Layanan Jujug Desa yang Ramah (Judes)” UPT Badan Pendapatan Daerah – Jombang, Layanan “Wisata Arsip untuk Anak Sekolah (WARAS)” – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan “Mencegah Perdarahan Tali Pusat Dengan Kalisat (Karet Tali Pusat)” – RSUD dr. Saiful Anwar, Malang.
Lalu, “Manajemen Risiko Sanggahan dan Pengaduan Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Sekretaris Daerah (MR SAHDU)” – UPT Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan inovasi “PLANET KAKAO: Pengelolaan dan Edukasi Terpadu Kakao Melalui Kebun Rakyat Demi Indonesia Daulat Coklat” – Dinas Perkebunan Jatim.
Dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun ini, Pemprov Jatim berhasil menjadi yang terbaik dari 3.054 inovasi-inovasi yang masuk menjadi peserta kompetisi, baik dari kementerian, lembaga, provinsi, BUMN/BUMD lainnya. Keberhasilan Pemprov Jatim juga diikuti sembilan inovasi dari pemerintah kabupaten/kota di Jatim yang juga mendapat penghargaan, yakni Kab. Banyuwangi, Probolinggo, Bojonegoro, Pasuruan, Sampang, Pamekasan, Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kota Malang.
Diterimanya penghargaan-penghargaan itu disambut bahagia dan penuh syukur oleh Pakde Karwo. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan buah kerja keras Pemprov Jatim yang terus melakukan inovasi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik yang berkualitas. “Penghargaan ini menambah kepercayaan dan motivasi kami untuk semain memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat” katanya.
Pakde Karwo juga berpesan kepada seluruh jajaran Pemprov Jatim agar tidak cepat puas dan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya, meski sudah banyak kemajuan dalam bidang pelayanan publik, tetap saja ada kekurangan yang harus terus dibenahi dan ditingkatkan lagi.
“Pelayanan yang baik yang diinginkan masyarakat adalah yang sederhana, cepat, murah, pasti, transparan, dan berkeadilan. Jadi inovasi-inovasi yang kita lakukan selalu mengacu pada pelayanan tersebut. Mari terus bekerja demi kesejahteraan masyarakat, khususnya wong cilik,” katanya.
Dalam kesempatan sama, kepada Menpan RB, Pakde Karwo mengusulkan diskresi penanganan jalan berlubang. “Jangan didasarkan atas kewenangan, tetapi kepentingan umum,” ujarnya. Dengan demikian, kerusakan-kerusakan jalan pada Januari-Maret dapat teratasi, sehingga tidak memunculkan istilah ‘juglangan sewu’.

Tags: