Eks Pecandu Unjuk Gigi di Turnamen Street Soccer

Pembukaan-turnamen-street-soccer-League-of-Change-2017-bagi-para-mantan-pecandu-narkoba-dan-HIV-AIDS-Senin-15-di-Lapangan-Hoky-Surabaya.-[Ist].

(Jelang Perayaan Hari Anti Narkoba Internasional).
Surabaya, Bhirawa
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya, AKBP Suparti mengapresiasi turnamen nasional street soccer “League of Change 2017” yang diadakan di Surabaya 1-3 Mei dan diikuti peserta yakni mantan pecandu narkoba dan penderita HIV-AIDS.
Turnamen yang diselenggarakan atas kerjasama dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, BNN Kota Surabaya dan Yayasan Orbit Surabaya bersama Komunitas Rumah Cemara Bandung ini diadakan selama tiga hari di Lapangan Hoki Surabaya. Turnamen ini diikuti oleh 6 Provinsi, diantaranya Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jogjakarta, Jawa Barat, Bali dan Jawa Timur mengirim dua tim.
Liga ini juga diikuti total ada 7 tim, dimana setiap timnya berjumlah 10 orang. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, turnamen ini dikhususkan untuk para mantan korban narkoba dan penderita HIV-AIDS yang memiliki hak untuk berubah.
Sebab, Risma mengaku, tidak seorang pun yang menginginkan atau terjerumus pada narkoba maupun HIV AIDS. Dibalik itu pasti ada alasan mengapa mereka sampai terjerembak dipusaran narkoba dan HIV AIDS.
“Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Kita tidak boleh menghakimi seseorang yang pernah terjerumus, supaya mereka mau berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya,” kata Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Senin (1/5).
Risma mengungkap bahwa turnamen tersebut tepat bagi para mantan pecandu untuk menunjukkan eksistensi mereka dengan hal yang positif. Sebab, selama ini baik mantan para pecandu narkoba atau penderita HIV-AIDS merasa ketakukan, minder atau rendah diri, dan seringkali dikucilkan masyarakat atau termarginalkan.
“Turnamen ini memberi pelajaran berharga bagi mantan pecandu, dimana mereka masih memiliki keluarga, memiliki teman, dan difasilitasi. Ini adalah tempat yang dimana mereka punya keluarga, teman seperjuangan, kemudian melakukan aktivitas yang positif,” ungkapnya.
Kepala BNN Kota Surabaya AKBP Suparti menambahkan, turnamen street soccer “League of Change 2017” ini merupakan rangkaian kegiatan menjelang peringgatan HANI yang dirayakan setiap tanggal 26 Juni. Turnamen ini merupakan bentuk keseriusan BNN Kota Surabaya, Pemkot Surabaya dan Yayasan Orbit untuk berperang terhadap narkoba.
“Selain rangkaian giat perayaan HANI 2017, turnamen ini bertujuan untuk menghilangkan stigma masyarakat terhadap mantan pecandu narkoba maupun HIV AIDS. Sebenarnya mereka bisa melakukan kegiatan positif dan berprestasi melalui olahraga, terutama sepak bola,” tambahnya.
Sebenarnya, sambung Suparti, kegiatan serupa pernah diadakan dua kali di Jawa Timur. Sekarang, Pemkot Surabaya dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sebagai pembina bersama BNN Kota Surabaya mengadakan kembali acara serupa.
“Sebenarnya kegiatan ini sudah dua kali diadakan di Jatim. Turnamen ini merupakan keseriusan kita dalam memberantas narkoba,” pungkas mantan Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya ini. [bed]

Tags: