Disnaker Jatim Bakal Gelar Job Market Fair Tiap Bulan

Ribuan orang memadati kantor Disnakertrans Provinsi Jatim untuk mencari kerja lewat job market fair yang diselenggarakan Disnakertrans Provinsi Jatim.

Pemprov Jatim, Bhirawa
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jatim berencana menggelar job market fair tiap bulan sekali. Langkah ini diambil berdasarkan ujicoba job market fair yang diselenggarakan di kantor Disnakertrans Provinsi Jatim yang ternyata peminatnya sangat banyak.
“Selama ini job market fair hanya diselenggarakan setahun sekali. Memang Disnaker Jatim memiliki inovasi memakai jaringan online infokerja-jatim.com. Tapi menyelenggarakan secara bertemu langsung antara pencari kerja dan penyedia kerja juga penting,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnakertrans Provinsi Jatim, Setiadjit SH MM, Rabu (17/5).
Menurut dia, menyediakan lapangan kerja harus dilakukan secara konsisten yang murah, terstruktur dan masif. Untuk itu, pihaknya meminta disnaker kabupaten/kota se-Jatim untuk melakukan hal yang sama.
“Pada hari Selasa (16/5) kemarin, kita selenggarakan job market di kantor Disnaker Jatim. Ternyata yang datang ribuan orang. Hingga pukul 11.00 yang datang mencapai 3.515 orang  Kita tidak menyangka jika yang datang sebanyak itu. Padahal informasi itu hanya kita sebarkan lewat website infokerja-jatim.com,” ungkapnya.
Mantan Kepala Biro Organisasi Setdaprov Jatim ini mengatakan, job market fair itu yang menyediakan sebanyak 1.000 lowongan jabatan. Diantaranya jabatan administrasi dan operator. Lowongan tersebut diperuntukkan bagi pelamar lulusan SMA, SMK, D3, S1, dan S2.
Setiadjit mengatakan, dalam job fair itu Disnakertrans Jatim mengundang sepuluh perusahaan besar berlokasi di ring satu yakni Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan dan Mojokerto. Diantaranya, PT Spindo, PT PNM, PT Siantar Top, PT Nav Jaya Mandiri, PT Siantar Madju, PT Supra Aluminium Industri, PT Wavin, PT Keramik Diamond Mandiri, PT Eka Silver Gold Jewellery, dan PT WOM Finance.
“Panitia membuka 20 meja sampai agak kewalahan. Sebagai antisipasi membludaknya peserta, panitia juga bekerjasama dengan ayokerja.com agar pelamar bisa memasukkan persyaratan secara online. Dengan banyaknya animo ini kita putuskan untuk menyelenggarakan lagi bulan depan,” pungkasnya. [iib]

Tags: