Diskominfo Kab.Malang Instruksikan SKPD Matikan Komputer

foto ilustrasi

Kab Malang, Bhirawa
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang mengintruksikan SKPD agar mematikan komputer yang tersambung jaringan internet untuk sementara. Hal itu sebagai antisipasi serangan virus WannaCry Ransoware, yang akan merusak sistem operasi Windows di komputer di lingkungan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.
Kepala Diskominfo Kabupaten Malang Nazaruddin Selian HT, Senin (15/5), kepada wartawan menjelaskan  virus WannaCry Ransomware akan merusak sistem Windows. Sehingga virus tersebut akan merusak data yang tersimpan di komputer, yang terinfeksi dan tidak dapat diakses. Dan jika perangkat komputer di lingkungan Pemkab terinveksi WannaCry Ransomware, maka tidak ada solusinya untuk menyelamatkan data.
“Terkecuali harus membayar tebusan sebesar Rp 4 juta,” ungkapnya.
Dijelaskan, instruksi yang dikeluarkan ini, supaya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Malang agar mematikan jaringan internet dalam pelayanan masyarakat untuk sementara waktu.
“Mematikan jaringan komputer minimal tiga hari, sambil menunggu perkembangan. Karena virus WannaCry Ransomware tidak hanya menyerang Indonesia saja, tapi juga menyerang beberapa negara,” terang Nazaruddin.
Menurutnya, bentuk upaya mengantisipasi adanya virus WannaCry Ransomware yang bisa mengunci data-data penting dalam komputer, baik itu komputer individu maupun komputer pada lembaga pemerintahan, yakni jalan satu-satunya adalah mematikan perangkat komputer yang terhubung langsung dengan jaringan internet. Sedangkan yang paling dikhawatirkan, virus WannaCry Ransomware tersebut menyerang data kependudukan, terutama pada pelayanan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP). [cyn]

Tags: