Digarap Karang Taruna, Pantai Perengan Menjadi Destinasi Wisata Baru Situbondo

Pemandangan Pantai Perengan di Dusun Pandean Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih Situbondo kini tampak elok dan eksotik setelah mendapat sentuhan dari Karang Taruna desa setempat. [sawawi]

Dahulu Kotor Jadi Tempat Pacaran, Kini Berubah Ramai Jadi Tempat Bersantai
Kabupaten Situbondo, Bhirawa
Satu lagi tempat wisata baru berhasil dibangun dan kini menjadi ikon baru untuk kongkow-kongkow bagi warga yang ada di Kota Santri Situbondo. Ini setelah puluhan kawula muda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih berhasil mengubah pemandangan pantai yang dahulu kotor dan menjijikkan, menjadi pantai yang memiliki view yang indah dan bersih. Bahkan tempat lokasi yang berada di perbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi menjadi destinasi wisata baru yang eksotik bagi warga Situbondo.
Pagi itu sinar matahari yang datang dari ujung timur  malu untuk naik ke atas awan. Saat itu Pantai Perengan yang sudah tampak bersih mulai disirami sinar mentari. Celah-celah pohon menambah indah saat sinar matahari merasuki daun-daun yang berkuping besar. Di sisi lain, sejumlah wisatawan mulai berdatangan di pintu masuk Pantai Perengan. Para nelayan setempat juga siap menarik perahu dan siap menawarkan kepada para pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Itulah sekilas kenangan yang terus diingat di dalam sanubari salah satu pengunjung asal Kota Situbondo, Robert.
Kata Robert, dahulu hanya segelintir orang saja yang tahu nama dan letak Pantai Perengan. Jangankan terlihat asri, aku Robert, pantai yang ada di Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih itu bahkan di sekelilingnya tampak sangat kotor. Bahkan di sepanjang bibir pantai, sampah berserakan di mana-mana. “Baik sampah organik dan non organik seperti plastik dan sampah rumah tangga tampak terasa di hidung para pengunjung,” aku Robert.
Sebaliknya, sambung Robert, kini kondisinya jauh berbeda. Pantai yang masuk kawasan taman nasional Baluran itu lebih bersih. Sejumlah fasilitas tersedia. Seperti speed boat, tempat beristirahat pengunjung dan sejumlah fasilitas perahu yang siap memanjakan para pengunjung yang hendak berlayar ke tengah laut yang indah dan berombak landai. “Di sini juga disiapkan sewa alat untuk para remaja dan anak-anak kecil,” ujar Robert lagi.
Aminah, pengunjung dari Kabupaten tetangga Banyuwangi juga memiliki kesan yang sama dengan Robert. Wanita yang suka berkeliling mencari tempat wisata baru itu justru kaget ada destinasi wisata baru di wilayah paling timur Situbondo. Tanpa banyak bicara, Aminah beserta puluhan temannya langsung mengunjungi Pantai Perengan baru-baru ini. Kata Aminah, kini kondisi Pantai Perengan memang lumayan bersih bila dibanding dengan tempat wisata pantai lainnya. “Tetapi yang menarik, perubahan signifikan yang terjadi itu karena sentuhan-sentuhan lebih banyak dilakukan oleh pengurus karang taruna desa setempat ini,” papar Aminah.

Tags: