8 Fraksi DPRD Setujui 5 Raperda Partisipatif Ditetapkan Jadi Perda

Ketua DPRD Jombang, Joko Triono bersama Bupati Nyono Suharli didampingi Wabup Hj Mundjidah Wahab menandatangi hasil paripurna pengesahan lima Raperda Inisiatif menjadi perda. [ramadlan/bhirawa]

Jombang, Bhirawa.
Ke Delapan Fraksi yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jombang yakni Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F – PDIP), Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F- PKB), Fraksi Partai Golkar (F – PG), Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F – PPP), Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F – PKS), Fraksi Partai Demokrat (F – PD), Fraksi Partai Nasdem, dan Fraksi Gerakan Hati Nurani menerima dan menyetujui Lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Partisipatif yang di usulkan eksekutif. Hal ini tampak pada Rapat Paripurna Penyampaiannya Pendapat Akhir (PA) fraksi – fraksi DPRD Jombang atas Jawaban Bupati Jombang terhadap Lima Raperda di Ruang Paripurna DPRD Jombang, Jumat (05/05).
Dipimpin Ketua DPRD Jombang Joko Triono, Paripurna ini dihadiri Bupati Jombang Nyono Suherli Wihandoko dan Wakil Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab serta Kepala Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di Jombang.
Ke lima Raperda tersebut adalah Raperda tentang pencabutan Perda Jombang tentang No. 19 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Pertambangan Mineral Bukan Logam dan Batuan, Raperda tentang pencabutan Perda Jombang No. 1 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pembentukan Perda, Raperda Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, Raperda Tentang Penyelenggaraan Tata Kelola Parkir, dan Raperda Tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Bagian Wilayah Perkotaan Diwek Tahun 2017 – 2037.
“Meskipun secara umum semua fraksi menerima dan menyetujui terhadap jawaban Bupati  atas lima Raperda ini, namun perlu kami tanyakan sekali lagi apakah sidang menerima dan menyetujui lima Raperda ini untuk di tetapkan menjadi Perda,” tanya Joko Triono kepada peserta Sidang Paripurna yang disambut seluruh anggota dengan jawaban setuju.
Dengan di setujuinya ke lima Raperda tersebut oleh seluruh fraksi yang ada di DPRD Jombang, maka ke lima nya resmi ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Jombang. Selain dari fihak eksekutif, paripurna ini diikuti oleh 46 anggota DPRD Jombang dari total anggota 50 orang. Penandatangan persetujuan lima Raperda partisipatif untuk ditetapkan menjadi Perda Jombang tersebut dilakukan Bupati Jombang Nyono Suherli Wihandoko bersama Pimpinan DPRD Jombang pada akhir paripurna. [rur,adv]

Tags: