Cuma 9.000 Pemegang Suket Tulungagung Cetak e-KTP

M Justi Taufik

Tulungagung, Bhirawa
Dari 40.000 orang pemegang surat keterangan (suket) pengganti e-KTP yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Tulungagung, hanya 9.000 orang di antaranya yang bisa dipastikan bisa dicetakkan e-KTP.
Kepastian ini disampaikan Kepala Dispendukcapil Kabupaten Tulungagung, Ir M Justi Taufik pada Bhirawa, Kamis (4/5). “Yang bisa dipastikan bisa dicetakkan e-KTP-nya hanya 9.000 pemegang suket pengganti. Data mereka sudah print ready record,” ujarnya.
Menurut dia, belum tentu semua pemegang suket pengganti secara otomatis dapat dicetakkan e-KTP. “Dari 40.000 kemudian dikurangi 9.000 itu sisanya masih send for enrolment,” terangnya.
Send for enrollment artinya meski sudah terdata tetapi belum data tunggal. Selain terjadi gangguan pengiriman dan data masih mengendap di server perekaman. Saat ini, lanjut Justi taufik, Dispendukcapil Kabupaten Tulungagung sudah menerima 10.000 blangko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri.
Namun belum juga bisa melakukan pencetakan, utamanya untuk 9.000 pemegang suket yang dipastikan dapat dicetakkan e-KTP-nya. “Kami belum bisa melakukan pencetakan karena sistem aplikasi di pusat eror. Belum bisa dipastikan kapan akan berjalan lancar dan bisa mencetak e-KTP,” paparnya.
Justi Taufik menilai penerimaan 10.000 blanko e-KTP bisa dikatakan sia-sia belaka. Selain sangat jauh dari harapan, warga yang sudah dapat dipastikan mendapat e-KTP juga belum bisa dicetakkan e-KTP-nya.
“Pemegang suket pengganti saat ini saja sudah mencapai 40.000, sementara yang diterima baru 10.000 tentu sangat kurang banyak. Dan percuma saja kalau kemudian juga aplikasinya bermasalah. Mudah-mudahan dapat segera menerima tambahannya dan sistem aplikasinya segera lancar,” paparnya lagi.
Kendati demikian, Justi Taufik menyatakan Kantor Dispendukcapil Kabupaten Tulungagung masih tetap memberikan pelayanan bagi warga yang membutuhkan suket pengganti e-KTP. Mereka tetap menerbitkan suket pengganti e-KTP. [wed]

Tags: