Bupati Lumajang Imbau Penyusunan RKPDes Tepat Waktu

Suasana giat Sosialisasi Kebijakan Penyusunan RKPDes yang bertempat di Ballroom Hotel Ijen Suites,Malang yang secara resmi ditutup oleh Bupati Lumajang Drs As at Malik

Lumajang,Bhirawa
Dalam rangka untuk mempercepat dan memperlancar pembangunan di desa, penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) sebagai penjabaran dari RPJM Desa harus tepat waktu dengan memaksimalkan anggaran atau dana yg ada. Dan semua OPD dan Pemerintah Desa bukan asal merencanakan pembangunan, tetapi harus fokus.
Hal tersebut disampaikan Bupati Lumajang Drs.As at Malik , pada hari ke dua (9/5) yaitu hadir dalam rangka penutupan giat Sosialisasi Kebijakan Penyusunan RKPDes yang bertempat di Ballroom Hotel Ijen Suites,Malang, yang pada giat pertama pada senin lalu(8/5) lalu acara tersebut di buka Oleh Wakil Bupati Buntaran Supriyanto.
Dalam giat yang dihadiri oleh seluruh OPD ,Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Lumajang tersebut Bupati menghimbau kepada seluruh OPD, Camat dan terutama bagi seluruh Kepala Desa agar berkerja secara maksimal sebagai upaya dalam merubah dan memenuhi kebutuhan warga diantaranya adalah untuk membangun desanya agar lebih maju.
“Dana ADD setiap tahun yg jumlahnya cukup besar diharapkan dapat dimanfaatkan untuk membangun desa lebih baik.,” ujarnya.
Untuk itu para Kepala Desa diharapkan terus berinteraksi dengan warganya untuk menyerap informasi dan memfasilitasi aspirasi masyarakat dalam membangun desanya secara baik dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang ada.
“Kepala Desa harus bisa mempertanggungjawabkan keuangan dari kegiatan yang dijalankan, dan jangan hanya menghabiskan dana tapi bertanggung jawabnya tidak jelas,” terangnya.
Kepala Bappeda Kabupaten Lumajang, Ir. Nugroho Dwi Atmoko, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan sosialisasi tersebut diantaranya untuk memberikan pemahaman tentang arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Lumajang sebagai acuan dalam penyususnan Dokumen RKPDes.
Kemudian menyamakan persepsi tentang pentingnya RKPDes sebagai Dokumen Perencanaan di Desa, dan yang lebih penting lagi menurutnya agar Kepala Desa memahami sistematika penyusunan RKPDes dan menjadikan Dokumen RKP Desa sebagai acuan dalam menyusun APBDes.
Sedangkan Narasumber dihadirkan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Biro Administrasi setda Provinsi Jawa Timur, dan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lumajang. (dwi)

Tags: