Bulog Optimistis Serapan Beras di Pasuruan Capai Target

Sejumlah buruh mengusung beras dari gudang Bulog Gadingrejo, Kota Pasuruan. Bulog Sub Drive Malang di wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan menargetkan serapan beras di tahun 2017 ini naik. [Hilmi Husain]

Pasuruan, Bhirawa
Bulog Sub Drive Malang di wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan menargetkan serapan beras di tahun 2017 ini naik. Optimisme itu lantaran target sebelumnya sudah terealisasi. Yakni triwulan pertama di 21.400 ton atau 26 persen dari target sebesar 82 ribu ton.
Kepala Bulog Malang, Faizal Azhari Rambe menyampaikan kenaikan target di tahun 2017 memang cukup tinggi. Terinci, di 2016, target serapan beras 60 ton. Sedangkan di tahun 2017, naik menjadi 82 ribu ton atau lebih dari 30 persen.
“Kami optimis bisa mencapai target itu. Bulan pertama saja, serapan beras cukup tinggi. Yakni 21.400 ton atau 26 persen dari total target 82 ribu ton. Selain itu, target serapan beras ini ditetapkan oleh pusat. Termasuk dalam swasembada beras hingga menjaga stabilitas harga di pasaran,” ujar Faizal Azhari Rambe, Selasa (2/5).
Menurut Faizal, dengan penyerapan hingga 26 persen di awal tahun, tentunya sudah cukup baik. Karena, serapannya adalah hasil panen yang didapat pada bulan Januari hingga Maret. “Bulan Maret merupakan hasil yang paling tinggi. Prediksi bulan Juni nanti akan ada panen lagi. Untuk menjelang akhir tahun nanti merupakan panen yang paling tinggi atau besar,” papar Faizal Azhari Rambe. [hil]

Tags: