37 Honorer Pusat Dilantik Jadi CASN

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, menyerahkan SK Pengangkatan CPNSD, pada pegawai honorer Pusat yang kini menjadi CPNSD Sidoarjo, di Pendopo Delta Wibawa, kemarin. [ alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Kekurangan pegawai di Pemkab Sidoarjo, tahun ini sedikit tercukupi dengan adanya 37 pegawai honorer Pusat yang menjadi CASN (Calon Aparat Sipil Negara) Sidoarjo. Masing-masing berasal dari Pegawai Tidak Tetap (PTT) dari Kementerian Kesehatan sebanyak 19 tenaga Bidandan dari Tenaga Harian Lapangan (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian dari Kementerian Pertanian sebanyak 18 orang.
Penyerahan SK CPNS Senin (29/5) kemarin bertempat di Pendopo Delta Wibawa, dilakukan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, didampingi Wabup Sidoarjo, Nur Achmad Syaifudin, staf ahli Bupati,Asisten Administrasi, Kepala BKD Sidoarjo, Kepala OPD dari Dinas Kesehatan, Dinas Pertaniandan Ketahanan Pangan Kab Sidoarjo dan undangan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jatim.
Bupati Saiful Ilah dalam arahannya, mengingatkan kalau tugas para CASN itu sudah menant. Karena itu ia minta kepada mereka, jangan sampai kinerjanya menurun setelah dilantik. Sebaliknya harus bekerja penuh kedisiplinan dan profesional serta tidak sampai melakukan korupsi. Ia mengingatkan itu, supaya pegawai di Pemkab Sidoarjo tidak banyak yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Saber Pungli.
”Karena resikonya pegawai yang sudah terjaring OTT sanksinya bisa dipecat, maka itu bekerjalah dengan hati-hati,” tegasnya.
Selain itu, Bupati Saiful Ilah juga mengingatkan setelah mereka dilantik, jangan sampai ada yang minta pindah tempat, karena aturanya tidak boleh menjadi pegawai, menurut Bupati Saiful Ilah, harus siap ditempatkan dimana saja di Sidoarjo.
Ditemui dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab Sidoarjo, Sri Witarsih SH, menyampaikan pada tahun 2017 ini belum ada informasi tentang penerimaan CASN baru dari Kemenpan RB. HIngga kini pihaknya hanya bisa menunggu. Menurutnya,  bisa jadi Kemenpan RB masih melakukan Moratorium CPNS baru.
”Kita akui sebetulnya butuh banyak CASN baru, karena PNS yang purna tugas tiap tahun juga banyak,” katanya singkat.
Kepala Dinas Kesehatan Kab Sidoarjo, dr Ika Harnasti, menyampaikan awalnya para PTT Kementerian Kesehatan yang ada di Kab Sidoarjo itu jumlahnya ada 54 orang. Namun yang lolospersyaratan menjadi CASN daerah hanya 19 saja. Karena yang tak lolos persyaratan terbenturpada usia mereka yang sudah diatas 35 tahun. Para PTT kesehatan di Sidoarjo, kata dr Ika selama ini bekerja di sejumlah Puskesmas yang ada di Kab Sidoarjo.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sidoarjo, Ir Handayani MSi, menyampaikan awalnya para THL TB Penyuluh Pertanian di Kab Sidoarjo jumlahnya ada 60 orang. Mereka tersebar di sejumlah kecamatan. Namun karena terbentur persyaratan usia, yang lolos menjadi CPNSD hanya 18 orang saja. Sisanya 42 orang, usianya melebihi 35 tahun.
”18 THL yang kini jadi CPNSD ini, berada di 13 Kecamatan, mereka memberi penyuluhan pertanian pada para kelompok tani,” kata Yani. [kus]

Rate this article!
Tags: