200 Ruang Kelas SDN Rusak di Kab.Malang

Slamet Sutoyo

(Proses KBM Terganggu)
Kab Malang, Bhirawa
Sebanyak 200 ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Malang kini mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut akhirnya mengganggu proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
Kepala Bidang (Kabid) Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang Slamet Sutoyo, Senin (8/5) membenarkan, jika ruang kelas SDN sebanyak 200 ruang di 69 SDN yang tersebar di 33 kecamatan.
“Untuk itu, kami sudah mengajukan kepada pemerintah terkait adanya perbaikan ruang kelas, pada tahun 2017 ini. Bahkan, ada dua ruang kelas SDN di wilayah kecamatan Dau tidak bisa digunakan sama sekali, karena atapnya rusak parah,” ungkapnya.
Menurutnya, ratusan ruang kelas SDN rusak tersebut, rencananya akan dilakukan perbaikan pada anggaran tahun ini. Sehingga pihaknya saat ini hanya menunggu Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan untuk melakukan perbaikan tersebut.
Sementara, pihaknya sudah mengusulkan perbaikan di tahun 2016, yakni dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan.
“Jumlah ruang kelas untuk KBM SDN di Kabupaten Malang kini berjumlah 1.100 ruang. Dan kerusakan bangunan ruang kelas itu, akibat faktor usia, karena rata-rata bangunan ruang kelas tersebut dibangun pada 1995, 2000, dan 2008,” terang Slamet.
Ditambahkan, pada tahun ini pihaknya juga akan meminta data kepada semua Kepala Sekolah SDN, agar memberikan data kerusakan yang ada di sekolahnya masing-masing. Sehingga dengan data tersebut, secara otomatis akan diusulkan kembali kepada Kementerian Pendidikan agar nantinya diberikan dana rehab sekolah pada anggaran 2018. Usulan dana rehab ruang kelas di tahun 2018 yang diusulkan hampir sama dengan tahun 2017 ini. [cyn]

Tags: