Wabup Madiun Buka Gelang Ajar Anggota Pramuka

Wakil Bupati Madiun Drs. H. Iswanto, M. Si selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Madiun membuka Gelang Ajar Tahun 2017 anggota pramuka sekaligus memberikan pengarahan di Sanggar Pramuka Kab Madiun, Senin (17/4). [sudarno/bhirawa]

Kab Madiun, Bhirawa
Wakil Bupati Madiun Drs. H. Iswanto, M. Si selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Madiun membuka Gelang Ajar Tahun 2017 yang diikuti oleh 84 anggota Pramuka terisi 69 peserta dari unsur Pembina Pramuka Tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA se Kab. Madiun ditambah 15 orang panitia di Sanggar Pramuka Kab Madiun, Senin (17/4).
Seperti diketahui bersama, Gelang Ajar 2017 merupakan wahana bagi Pembina Pramuka yang berfungsi untuk menguatakan tali silaturahmi, persahabatan dan tali persaudaraan anatar Pembina Pramuka dari semua tingkatan dengan komposisi/jumlah berimbang antara Pembina Pramuka dari Pangkalan SD/MI, Pembina Penggalang  dari Pangkalan SMP/MTs dan Pembina Pramuka Penegak dari Pangkalan SMA/SMK/MA baik putra maupun putri dari kwartir Ranting. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi, kapasitas dan kualitas pembina Pramuka sekaligus untuk meminimalisir kesenjangan kompetensi, kapasitas dan kualitas pembina Pramuka.
Dalam sambutannya Ka. Kwarcab. Gerakan Pramuka Kab. Madiun  Drs. H. Iswanto, M.Si  mengharapkan agar seluruh peserta Gelang Ajar 2017 ini untuk aktif sharing, berbagai pengetahuan, bertukar pengalaman dan saling mengisi, sehingga sepulang dari mengikuti kegiatan ini seluruh pembina Pramuka mempunyai bekal kemampuan yang hampir sama dan dapat dikembangkan di gugus depannya masing-masing.
Melalui Gelang Ajar ini Pembina Pramuka diharpakan bisa terbiasa menggunakan Prinsip-prinsip Dasar Metode Pendidikan Kepramukaan (PDMK) dalam pembelajaran dan mengimplementasikan PDMK sesuai dengan kondisi, kepentingan dan perkembangan masyarakat Kab. Madiun. Sandingkan PDMK dengan pendidikan karakter dan Kurikulum 2013 untuk mendukung kegiatan Pramuka sebagai kegiatan ekstra kulikuler wajib pada kurikulum 2013.
Kesempatan ini  Ka. Kwarcab. Gerakan Pramuka Kab. Madiun  Drs. H. Iswanto, M.Si juga menginformasikan beberapa kegiatan penting yang akan diikuti Kwarcab. Gerakan Pramuka Kab. Madiun  antara lain, Festival Kampung Kelir (Perkemahan Wira Karya untuk Pramuka Penegak di Kab. Jombang pada 17 s.d 20 April 2017.
Kemah Budaya Nasional, yang mana  Kwarcab. Gerakan Pramuka Kab. Madiun   akan mewakili Kwarda. Gerakan Pramuka Prov. Jatim ke Tingkat Kwarnas pada 13 s.d 17 Juli 2017 di Palangkaraya Kalimantan Tengah, dan Raimuna Nasional yang akan dilaksanakan pada 13 s.d 21 Agustus 2017 di Buperta Cibubur Jakarta Timur.
Diinformasikan, saat ini Pemerintah Kab. Madiun berupaya untuk dapat mewujudkan Sanggar Pramuka yang representatif untuk Diklat atau Workshop. Tidak hanya itu, pada tahun 2017 ini juga akan diselesaikan pembangunan tapak kemah, lapangan upacara, menara pantau dan fasilitas lainnya termasuk pagar keliling.
Sedangkan untuk meningkatkan kegiatan pramuka di alam terbuka, maka secara bertahap di Bumi Perekamahan Kresek juga akan dibangun fasilitas pendukung untuk melengkapai yang sudah ada yaitu berupa 1 unit MCK Putri kapasitas 8 bilik dan 1 unit MCK Putra dengan kapasitas 2 bilik. Rencananya pada tahun 2017 ini akan dibangun lagi 1 unit MCK putra kapasitas 8 bilik ditambah gudang dan pemasangan jaringan listrik. [dar]

Tags: