Stabilkan Inflasi, Koordinasi antara Daerah dan Pusat

Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf memberikan cindera mata kepada perwakilan Pokjanas di acara FGD dan Koordinasi Sinkronisasi Program dan Kegiatan Pengendalian Inflasi Daerah di Pemkab Pasuruan, Kamis (27/4). [Hilmi Husain]

Pasuruan, Bhirawa
Koordinasi antar lembaga dengan pemerintah pusat terus ditingkatkan dalam Kelompok Kerja Nasional (Pokjanas). Diharapkan koordinasi itu akan menguatkan kelembagaan, sehingga tugas pengendalian inflasi bias maksimal.
“Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Pasuruan saya mengharapkan terus berkoordinasi. Baik antar lembaga pendukung seperti Badan Pusat Statistik (BPS), Kepolisian, Kejaksaan dan Organisasi Perangkat Daerah terkait maupun dengan pusat dalam hal ini Pokjanas,” ujar Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan disela-sela membuka Forum Group Discussion (FGD)  dan Koordinasi Sinkronisasi Program dan Kegiatan Pengendalian Inflasi Daerah di Pemkab Pasuruan, Kamis (27/4).
Diakuinya, lanjut Irsyad, memang tugas TPID memang berat. Yakni, mengevaluasi sumber-sumber dan potensi tekanan inflasi yang mungkin atau sedang terjadi, merekomendasikan kebijakan-kebijakan yang mendukung pengendalian inflasi dan melakukan pemantauan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan.
Di Kabupaten Pasuruan sendiri, inflasi tahun 2016 mencapai 1,96 persen. Besaran inflasi itu diharapkan bisa stabil. “Harus ada komunikasi, sosialisasi serta memberikan hal-hal untuk menjaga stabilitas harga. Termasuk juga informasi yang kridibel dan mudah diakses mengenai produksi, pasokan serta harga barang juga harus disebarluaskan. Besaran inflasi yang mencapai 1,96 persen di Kabupaten Pasuruan hingga tahun ini setidaknya bisa stabil,” tandas Irsyad Yusuf.
Sementara itu, Ketua Pokjanas TPID Edi Prio Pambudi mengungkapkan koordinasi antara TPID dan Pokjanas TPID sangat diperlukan. “Apa yang terjadi di pusat bisa langsung diakses daerah hingga sebaliknya. Makanya, kami berharap ini mejadi bagian terpenting dalam penyajian data akurat dari BPS dalam pengedalian inflasi,” papar Edi Prio Pambudi. [hil]

Tags: