Ratusan IKM di Kota Pasuruan Dapat Pelatihan Khusus

IKM mebel di pasar bukir di Kota Pasuruan, Selasa (25/4). Agar bisa bersaing dengan produk lainnya, Disperindag Kota Pasuruan melakukan pelatihan khusus. [hilmi husain]

Pasuruan, Bhirawa
Industri dan menengah (IKM) di Kota Pasuruan terus mendapatkan perhatian dari Pemkot Pasuruan. Salah satunya adalah pembinaan sejumlah IKM. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan Mualif Arif menyampaikan pembinaan berupa pelatihan khusus itu diharapkan agar mampu menciptakan produk yang nantinya bisa bersaing di pasaran.
“Tahun ini, totalnya ada 11 pelatihan yang diberikan pada IKM. Sasarannya ada sekitar 504 IKM di Kota Pasuruan,” ujar Mualif Arif, Selasa (25/4).
Ada pun pelatihannya itu meliputi peningkatan kemampuan manajemen IKM, pengembangan kerajinan dari limbah kayu, pengembangan industri kerajinan logam dan pengembangan industri konveksi.
Selain itu, kerajinan dan rajutan, pemberdayaan pegelolaan limbah kerajinan mebeler serta pemberdayaan dalam pemanfaatan limbah cor logam hingga lainnya. Besaran anggarannya mencapai Rp 182 juta untuk pembinaan sejumlah IKM.
“Untuk pelatihan itu ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Antara lain, IKM belum pernah mengikuti pelatihan dari Disperindag dan IKM harus membuat pengajuan,” kata Mualif Arif. [hil]

Tags: