Presiden Jokowi Batal Hadiri Hari Otoda XXI

Bupati Sidoarjo bersama Kapolresta dan Kodim 0816 Sidoarjo keliling lihat pameran Otoda XXI. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXI yang digelar di Alun-alun Sidoarjo Selasa, 25 April 2017, recananya dihadiri Presiden Joko Widodo, perkembangan terakhir ternyata batal ke Sidoarjo.
Kepastian batalnya kedatangan Presiden Jokowi dalam rangka pemberian penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha? kepada Kab Sidoarjo dan daerah-daerah yang lainnya, itu disampaikan sendiri oleh Bupati Sidoarjo Saiful llah SH MHum dihadapan ribuan peserta Milat PC Muslimat NU Sidoarjo di GOR Serba Guna Sidoarjo, Minggu (23/4) pagi.
Ditegaskan sendiri oleh Bupati Saiful Ilah, pihaknya telah mendapat kabar dari Jakarta bahwa Presiden Jokowi batal hadir, karena ada tugas-tugas negara ditempat yang lain. ”Saya mendapatkan kabar dari Jakarta kalau Presiden Jokowi batal hadir karena ada tugas negara di tempat lainnya. Yang datang ke Sidoarjo nanti  Pak Wapres Jusuf Kalla,” katanya.
Jadi, nantinya Pak Wapres JK yang akan memberikan lansung penghargaan itu kepada para kepala penyelenggara pemerintahan, yang terpilih mendapatkan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha itu.
Sementara untuk tamu-tamu yang lainnya, seperti gubernur, bupati dan wali kota serta pejabat-pejabat yang lain juga akan tetap menghadirnya. Diperkiakan ada ribuan tamu nanti datang di acara Hari Otoda itu. ”Jika nantinya ada dampak kemacetan, saya mohon maaf kepada masyarakat Sidoarjo. Untuk sementara bisa mencari jalan alternatif, atau paling tidak harus berangkat lebih pagi, biar tidak terjadi kemacetan,” pinta Saiful llah.
Di sisi lain, melalui jejaring Ponsel selular, beredar broadcast info dari Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) Surabaya, kalau pada Hari Otoda, yang batal datang, tak hanya Presiden Jokowi saja, melainkan Wapres Jusuf Kalla juga batal hadir.
Dan yang menyerahkan penghargaan adalah Menko Polhukam Wiranto atau Puan Maharani. Namun info kebenaran broadcast itu, belum dibarengi adanya pernyataan resmi dari pihak terkait soal kepastian hadir dan tidaknya R1 dan R2 di acara Hari Otoda di Sidoarjo. [ach]

Tags: