Dewan Sahkan LKPj Bupati Gresik Tahun 2016 dengan Banyak Rekomendasi

Sidang Paripurna DPRD Kab Gresik.

Gresik, Bhirawa
Rapat paripurna penyampaian rekomendasi DPRD atas  LKPj akhir tahun 2016 disepakati dengan banyak rekomendasi. Agar segera dilakukan perbaikan oleh bupati, terkait dengan kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) masih lemah.
Menurut Ketua DPRD Gresik, Ir Abdul Hamid, setelah ini rekomendasi dewan segera ditindaklanjuti bupati untuk dilakukan perbaikan. Agar capaian target pendapatan yang sudah menjadi kesepakatan bisa dipenuhi, kinerja OPD yang menjadi evaluasi khusus harus di perhatikan oleh bupati.
Sebab ada beberapa kegiatan atau program yang perlu mendapat perhatian lebih serius. Kususnya terkait visi dan misi Pemkab Gresik, serta kinerja OPD. Dan catatan dan rekomendasi, di bagi menjadi empat kelompok bidang. Yaitu bidang kerja Komisi I, Komisi II, Komisi III dan Komisi IV.
Menurut Sekretaris DPRD Gresik, M Najikh, saat membacakan di depan peserta paripurna istimewah. Bahwa dari pembahasan masing-masing komisi ditemukan kurangnya koordinasi antar Kepala OPD, kinerja terkait infrastruktur daerah dan pembinaan kepada desa serta pemberdayaan masyarakat belum maksimal.
Selain itu, pola pikir Kepala OPD juga masih menunggu besar dan kecilnya ketersediaan anggaran untuk menentukan program. Padahal, seharusnya berinovasi terlebih dulu. “Mayoritas Kepala OPD belum memahami, di samping sebagai pelaksana teknis Bupati dan Wakil Bupati, ia (OPD) juga wajib melayani DPRD yang juga sebagai penyelenggara pemerintahan daerah,” ungkapnya.
Dengan demikian, pihak dewan telah memberikan rekomendasi secara khusus agar ada evaluasi ulang terhadap kinerja kepala OPD. Bahkan, jika perlu harus ada reposisi jabatan atau mutasi dalam waktu dekat. Kemudian harus ada panisment kepada mereka yang kinerjanya lemah, dan terciptanya tim work yang solid untuk meningkatkan koordinasi antar OPD.
Ditambahkan, Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Qolib, dalam pembahsan ditingkat komisi ada juga OPD yang tidak hadir. Juga menjadi perhatian serius dan sudah dilaporkan pada bupati, sekarang kinerjanya tergantung bupati. Yang pasti dengan lemahnya kinerja OPD, dewan akan terus memantai kinerjanya lewat komisi dengan kinerja di APBD 2017.
Sementara Wakil Bupati Gresik, Moh Qosim mengatakan, akan memperhatikan evaluasi serta rekomendasi DPRD Gresik atas LKPj tahun 2016. Akan segera dilakukan perbaikan dan evaluasi, ini dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat. [kim.adv]

Tags: