Adopsi Semangat Juang Arek Suroboyo, KPU Surabaya Launching RPP Bung Tomo

KPU-Surabaya-launching-rumah-pintar.

KPU Surabaya,Bhirawa
KPU Surabaya melaunching Rumah Pintar Pemilu (RPP) Bung Tomo, Selasa (18/4). Kehadirannya untuk melakukan edukasi tentang kepemiluan kepada masyarakat.
Ketua KPU Jatim Eko Sasmito yang melaunching RPP mengharapkan peran aktif dari seluruh elemen di KPU untuk memaksimalkan fungsi RPP. Disamping kelengkapan data-data tentang pemilu yang saat ini sudah ada di lingkungan KPU Kota Surabaya, diharapkan seluruh fasilitas yang ada di RPP dapat dimaksimalkan peran dan fungsinya
“Rumah Pintar Pemilu sudah disediakan, jadi tanggung jawab seluruh elemen dari KPU Kota Surabaya,untuk memaksimalkan peran dan fungsinya dalam pendidikan pemilih,” katanya di kantor KPU Surabaya Jalan Aditywarman.
Eko juga berharap agar masyarakat dapat berbondong-bondong singgah di RPP KPU Kota Surabaya dan belajar tentang pemilu. Masyarakat dari semua elemen, baik pelajar maupun umum, dari kecil hingga dewasa, kalau mau belajar lebih banyak tentang pemilu, bisa langsung imengunjungi RPP Bung Tomo.
Ketua KPU Kota Surabaya Robiyan Arifin,dalam sambutannya menyatakan bahwa RPP KPU Surabaya disepakati bernama RPP Bung Tomo. Dasar filosofis penggunaan Bung Tomo adalah meniru semangat berjuang arek Surabaya.
“Di balik pertempuran dahsyat yang terjadi pada tanggal 10 Nopember 1945, ada sebuah nama yang mempunyai andil besar dalam memompa semangat, keberanian, dan rasa cinta tanah air khususnya kepada arek-arek Suroboyo. Dialah Sutomo atau biasa disebut Bung Tomo yang lahir di Surabaya pada tanggal 3 Oktober 1920,” ujarnya.
“Harapan kami, RPP Bung Tomo bisa digunakan sebagai sarana dalam mencari data atau informasi yang digunakan riset tentang pemilu maupun jalannya pilkada serentak,” papar Robiyan.
Acara peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) Bung Tomo milik KPU Kota Surabaya kemarin diawali dengan acara Diskusi Publik dengan narasumber Jett Thomason dari Konsulat Jenderal Amerika Serikat.
Peresmian rumah pintar pemilu yang bertemakan Bung Tomo ini ditandai dengan pemotongan pita dan pendatanganan prasasti oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur yang didampingi oleh komisioner KPU Kota Surabaya, Robiyan Arifin.
Anggota KPU Surabaya Nur Syamsi menyambut baik kehadiran RPP Bung Tomo. Diakuinya, RPP merupakan program terobosan KPU RI untuk melakukan edukasi tentanb kepemiluan kepada pemilih.
RPP sangat penting untuk meminimalisir angka nonpartisipasi masyarakat dalam pemilu. Dari sejarah yang ada, angka partisipasi pemilih cenderung turun dari setiap pemilu.
“Selalu turun, bahkan cenderung stagnan, ini yang harus kita perbaiki,” ucapnya.
Nur Syamsi mengatakan RPP Bung Tomo berada di lantai satu gedung KPU Surabaya. RPP Bung Tomo terdiri dari tiga ruang. Ruang satu berisi tentang dokumentasi dan informasi tentang kepemiluan secara umum.
Ruang dua, lanjutnya, menyajikan dokumentasi dan informasi hasil pelaksanaan pemilu serta simulasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sedangkan untuk ruang tiga sebagai tempat diskusi bagi masyarakat yang berkunjung.
“RPP ini dibuka setiap hari kerja, jadi silahkan masyarakat datang dan kita buka gratis,” tandasnya. (geh)

Tags: