400 Peselam Berebut Piala Bupati Pasuruan

Sekitar 400 peselam dari 18 kabupaten/kota di Jatim akan berlomba di Kejurda memperebutkan Piala Bupati Pasuruan 29-30 April di Kolam Renang Saygon. ist

Surabaya, Bhirawa.
Sekitar 400 peselam lebih akan bersaingan untuk menjadi yang terbaik di Kejuaraan Daerah (Kejurda) nomor kolam 2017 memperebutkan piala Bupati Pasuruan pada 29-30 April di Kolam Renang Olympic Saygon  Pasuruan.
Menurut Sekretaris Umum Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim Mierza Mutaqien SH mengatakan, event ini merupakan program dari POSSI untuk membina dan sekaligus menggali bibit atlet.
Karena pasca meraih mempertahankan juara umum Selam di PON Jabar, kini Pengprov POSSI Jatim tengah berburu penyelam muda untuk dipersiapkan di PON 2020 yang rencanannya digelar di Papua. “Ada beberapa peselam kita yang kemungkinan sudah tidak bisa turun di PON mendatang dan sekarang kita butuh regenerasi atlet,” kata Mierza Mutaqien, Rabu (19/4).
Data yang diterima dari Pengprov POSSI Jatim, ada lebih dari 400 peselam dari 18  Pengkot-Pengkab POSSI Jatim seperti Banyuwangi, Gresik, Lumajang, Kabupaten Malang, Mojokerto, Nganjuk, Pasuruan, Ponorogo, Sidoarjo, Tuban, Tulungagung, Kota Batu, Kota Malang, Kota Pasuruan dan Kota Surabaya.
Nomor yang di lombakan yaitu surface putra-putri, 200m surface, 100m surface, 50m surface , 4x50m surface, 4×100 surface, bifins 400m, 200m bifins, 100m bifins, 50m bifins, 4x50m bifins dan 4×100 m putra-putri. “Saya berharap para atlet yang turun di Kejurda bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya,” kata Mirza.
Saat disinggung mengenai venue Kolam Renang Saygon, Desa Purwosari, Kab. Pasuruan, Mierza menjelaskan kalau kolam renang di Pasuruan ini sudah sangat layak untuk digunakan Kejurda. Karena kolam renang yang berada di taman wisata itu memiliki delapan line dengan panjang 50 m. “Sudah memenuhi syarat untuk digunakan lomba,” tegasnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, Pengprov POSSI Jatim kedepan akan banyak menggelar lomba di luar Surabaya terbukti setelah menggelar kejurda di Kediri, kejurda 2017 ini di gelar di Kabupaten Pasuruan. Karena ia melihat saat ini sudah banyak kabupaten/kota memiliki fasilitas kolam yang sangat bagus dan layak untuk menggelar lomba.
“Ini salah satu upaya pengurus untuk melakukan sosialisasi cabor selam. Kami juga berharap muncul bibit atlet dari daerah,” pungkasnya. [wwn]

Tags: