17 Orang Tahanan Polres Malang Kabur

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, saat mengecek ruang sel tahanan Polres Malang, di Mapolres setempat

(Imbas Over Capacity dan Petugas Jaga Lalai)
Kab Malang, Bhirawa.
Sebanyak 17 orang tahanan Polres Malang Rabu (19/4) dini hari, melarikan diri dari dalam sel tahanan. Kaburnya 17 orang tahanan tersebut, membuat semua personel polisi di jajaran Polres Malang dikerahkan untuk mencari orang tahanan tersebut.
Kaburnya tahanan tersebut mendapatkan perhatian khusus hari Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Jawa Timur (Jatim) Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Machfud Arifin SH. Begitu mendapat kabar, Kapolda Jatim langsung mendatangi Mapolres Malang untuk mengecek kondisi tahanan.
Kapolda tidak hanya mengecek ruang tahanan saja, tapi juga meninjau tembok bangunan sel tahanan yang berada di belakang, sebagai tempat kaburnya belasan orang tahanan tersebut. Ruang tahanan hanya terpisah satu meter dari ruangan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres setempat.
Kapolda Jatim Machmud Arifin SH, Rabu (19/4), saat berada di Mapolres Malang mengatakan, kaburnya 17 orang tahanan Polres Malang ini, salah satunya disebabkan over capasity atau kelebihan kapasitas sel tahanan.
“Yang seharusnya, sel tahanan tersebut maksimal mampu menampung 60 orang tahanan, namun diisi 100 orang. Kaburnya para tahanan itu, juga dikarenakan adanya keteledoran petugas jaga sel tahanan,” tegasnya.
Dengan kaburnya belasan orang tahanan di Polres Malang ini, lanjut dia, maka pihaknya membentuk tim untuk memburu para tahanan yang kini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). Tim pemburu tidak hanya dari personel Polres Malang saja, tapi juga dari Polda Jatim. Sehingga dengan tim pemburu ini, diharapkan dalam waktu singkat ke 17 orang tersebut bisa ditangkap kembali.
Sementara itu, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menjelaskan, kaburnya 17 orang tahanan itu diperkirakan pada pukul 02.00-04.00 WIB, dengan merusak atap plafon kamar mandi di dalam sel tahanan.
Selanjutnya, mereka lari menyeberangi sungai dibelakang bangunan sel tahanan. Rinciannya 12 orang terkait kasus narkoba, dan 5 orang terjerat kasus kriminal lainnya. Sementara tahanan yang kabur itu, kesemuanya sudah kita jadikan tersangka, dan masih dalam proses hukum.
Kaburnya belasan orang tahanan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap anggota yang saat itu bertugas menjaga sel tahanan. Karena tahanan yang kabur dari dalam sel tahanan itu, akibat keteledoran dari enam orang petugas jaga. Padahal sebelumnya, dirinya juga sudah memerintahkan kepada petugas jaga agar selalu melakukan pengecekan tahanan setiap dua jam sekali.
“Kami menduga jika petugas jaga tidak melakukan pengecekan sehingga terjadi peristiwa 17 orang tahanan kabur,” tegasnya.
Ujung menerangkan, kini pihaknya sudah membentuk tim untuk mengejar ke 17 orang tahanan ke alamat rumah mereka masing masing. Dirinya berharap tahanan yang kabur bisa segera tertangkap atau mau menyerahkan diri secepatnya, dari pada menjalani hidup tidak tenang, sebab kami akan kejar sampai kapan pun.
“Kami juga mengimbau kepada keluarga tahanan, agar membantu untuk menyerahkan keluarganya yang kabur dari sel tahanan Polres Malang, dan jika memang mereka pulang ke rumahnya atau mengetahui keberadaannya segera menghubungi Kantor Polisi terdekat,” pinta Ujung. [cyn]

Rate this article!
Tags: