102 UMKM Pamerkan Produk Unggulannya di Pasar Rakyat Hari OTODA XXI

Bupati Sidoarjo didampingi Dandim 0816 dan Kapolresta serta Kepala Disperindag keliling melihat stand pameran. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Sebanyak 102 UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) telah memamerkan produk unggulannya di Gelar Pasar Rakyat. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kabupaten Sidoarjo sebagai tuan rumah Peringatan Hari OTODA ke XXI tahun 2017 tersebut telah berhasil menyita perhatian pengunjung.
Pameran  yang dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 21 sampai 23 April 2017 di Alun-alun Sidoarjo, dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Jumat (21/4) pukul 15.00 WIB.
Usai membuka pameran, Bupati H. Saiful Ilah, SH. M.Hum yang didampingi Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH berserta Forkopimda Sidoarjo, diantaranya Kapolresta Sidoarjo Kombespol Muh. Anwar Nasir, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Fadli Mulyono serta Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo Iva Sudewi. Selain itu juga hadir Sekda Sidoarjo Djoko Sartono, Kepala Disperindag Fenny Apridawati serta para pejabat Sidoarjo.
Adapun produk yang dipamerkan, mulai dari produk pangan, makanan khas Sidoarjo, seperti bandeng asap, otak-otak bandeng dan banyak jenis makanan lainnya. Sedangkan untuk sandang, mulai dari batik sampai kerajinan kulit. Ada juga kerajinan tas kulit, sepatu kulit, busana muslim, rajut dan accesoris lainnya.
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, Pasar Rakyat merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar Pemkab Sidoarjo untuk memasarkan produk UMKM. “Kali ini, sengaja digelar bertepatan dengan Peringatan Hari OTODA ke XXI dengan harapan bisa mempromosikan produk UMKM Sidoarjo.” harapnya.
Saiful Ilah menambahkan dengan adanya promosi semacam ini, diharapkan produk-produk UMKM Sidoarjo bisa dikenal di luar Sidoarjo. Bahkan, sampai ke luar negeri. Pemkab terus mempromosikan produk UMKM Sidoarjo agar bisa lebih dikenal. “Salah satunya promosi yang dilakukan dengan misi perdagangan ke Italia beberapa waktu lalu. Ada produk dari Sidoarjo, khususnya koper yang diekspor ke Italia,” harap Saiful Ilah.
Dalam sambutannya Kabid Perdagangan Disperindag Dana Riawati mewakili Kadisperindag Feny Apridawati mengatakan Pasar Rakyat ini digelar untuk memperkenalkan produk UMKM Sidoarjo. Agar produk UMKM lebih dikenal, panitia juga menasang baliho UMKM Pasar Rakyat di beberapa akses masuk ke Sidoarjo. “Pasar Rakyat ini kita gelar menyambut Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXI di Kabupaten Sidoarjo,” pungkas Dana Riawati. [adv.ach]

Tags: