PWI Gresik-SKK Migas-PG Gelar Worshop

Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa, Ali Masyhar memaparkan keberadaan Migas. [rokim/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2017, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik mengadakan workshop bersama SKK Migas dan PT Petrokimia Gresik (PT PG), bertema Migas dan Ketahanan Pangan bertempat di Hotel Overbreight Ambon, Maluku, Kamis (9/2).
Menurut Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa, Ali Masyhar, rangkaian kegiatan ini sudah yang kedua kali dilakukan. Bertempatan dengan HPN, kegiatan workshop ini sangat menarik. Untuk saling berbagi pengalaman pada masing-masing bidangnya. Terkait dengan adanya eksplorasi migas tergantung penemuan cadangan Migas baru sangat resistensi dengan masyarakat.
Keberadaan media sangat diharapkan untuk bisa menjadi pencerah dalam kaitannya dengan Migas. Hanya dengan cara eksplorasi bisa menemukan cadangan Migas baru, sebab kebutuhan tiap tahun terus meningkat.
”Informasi yang disampaikan media kini mempunyai peran yang sangat sentral, investasi di sektor Migas sangat mahal karena itu, kami sangat mengharapkan media bisa menjadi edukasi terhadap masyarakat. Karena keberadaan sektor Migas tak hanya memberikan kontribusi terhadap pendapatan pemerintah, Namun efek domino dari sektor tersebut bisa menggerakkan sektor lainnya,” ujarnya.
Ditambahkan Ali Masyhar, pergerakan perekonomian di lingkungan sektor Migas bisa hidup. Sebab disitu ada kegiatan CSR, menghidupkan ekonomi masyarakat di daerah eksplorasi Migas. Untuk itu, perlu dukungan semua pihak.
Sementara Kabag Infokom PT Petrokimia Gresik (PG), Widodo Heru menambahkan, kaitanya Migas terhadap ketahanan pangan kaitanya sangat erat. Sebab gas dengan industri pupuk tak pernah lepas. Kalau gas kebutuhannya terus menurun otomatis PG akan kelabakan, sebab gas alam banyak dipakai untuk men-support produksi pupuk urea.
”Kami menyadari, tanpa gas alam otomatis produksi pupuk urea bakal terganggu. Untuk mempertangung jawabkan ketahanan pangan, untuk itu support dari SKK Migas menjadi kebutuhan PG. Dan peran media, bagi PT PG juga sama dibutuhkan sebagai bentuk informasi pada masyarakat.” imbuhnya. [kim]

Rate this article!
Tags: