Pemkot Pasuruan Tetap Berjuang Menggratiskan Biaya SPP SMA-SMK

Salah satu SMA di Kota Pasuruan mengikuti ujian. Pemkot Pasuruan terus berjuang keras untuk menggratiskan SPP tingkat SMA dan SMK. [hilmi husain]

Pasuruan, Bhirawa
Pemkot Pasuruan tetap berjuang keras agar sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) tingkat SMA dan SMK tetap gratis. Upaya itu yakni dengan memastikan alokasi dana Bosda bagi SMA lewat bantuan keuangan.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Pasuruan Boedi Widayat menyampaikan pihaknya sudah bertemu dengan pihak Pemprov Jatim untuk membahas masalah SPP di tingkat SMA-SMK tersebut. Untuk biaya SPP tengah diupayakan tetap gratis seperti tahun-tahun sebelumnya.
“Hingga saat ini, kami tetap berjuang agar SPP untuk SMA-SMK di Kota Pasuruan tak ada sama sekali pembiayaannya. Kami berkoordinasi dengan UPT Dinas Pendidikan Menegah Atas Jatim tentang masalah itu,” ujar Boedi Widayat, Kamis (23/2).
Terkait anggaran, Pemkot Pasuruan sudah menyiapkan anggaran khusus dari bantuan keuangan. Agar memiliki legalitas, Pemkot Pasuruan akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihah Pemprov Jatim.
Sedangkan biaya kebutuhan masing-masing SMA-SMK di Kota Pasuruan, pihaknya menjadwalkan pertemuan dengan UPT Dinas Pendidikan Menengah Atas Jatim.
“Masih dalam proses dan kami juga menunggu perhitungan biaya kebutuhan masing-masing SMA negeri dan swasta. APBD juga disiapkan untuk membiayainya. Dengan demikian, masih ada kesempatan untuk tetap gratis,” jelas Boedi Widayat.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pasuruan Suhariyanto mengungkapkan jumlah SMA Negeri di Kota Pasuruan sebanyak 4 lembaga, antara lain SMA negeri 5 lembaga, SMA swasta 2 lembaga, SMK negeri dan 9 lembaga swasta .
Saat ini, penarikan kewenangan SMA menjadi milik provinsi menjadikan Pemkot Pasuruan tetap berupaya penuh mencari cara untuk tetap memperjuangkan program pendidikan gratis 12 tahun.
“Kami hanya mengharapkan alokasi Bosda dari APBD bisa segera dialokasikan untuk program SPP Gratis 12 tahun,” tandas Suhariyanto. [hil]

Tags: