Layanan Kelurahan di Sidoarjo Jangan Tertinggal

Imam Mukri Affandi.  [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Bagian Pemerintahan Pemkab Sidoarjo sebagai koordinator pembina Kelurahan se Kab Sidoarjo, berharap kinerja pelayanan publik mereka semakin baik, tidak sampai kalah dengan pelayanan yang dilakukan petugas yang ada di pemerintahan desa.
Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Sidoarjo, Drs Imam Mukri Affandi MSi, karenadalam kehidupan bermasyarakat diakui pelayanan di kelurahan yang petugasnya note bene adalah para ASN (aparatur sipil negara), dianggap lebih baik.
Menurut mantan Camat itu, kini pelayanan di Pemerintahan desa di Kab Sidoarjo, juga semakin baik. Apalagi setelah ditunjang adanya program bantuan pembangunan desa dari dana APBN. Desa juga dapat dari APBD berupa dana alokasi desa (DAD).
”Kalau pelayanan di kelurahan sampai tertinggal kan bisa malu, karena itu kami terus memotivasi pelayanan di kelurahan, supaya semakin baik, ini bukan masalah kalah-kalahan, tapi tujuannya supaya pelayanan di Sidoarjo jadi baik,” komentar Imam, saat dihubungi Minggu(5/2) kemarin.
Disampaikannya, awal tahun 2017 ini pihaknya mulai melakukan roadshow pembinaan kelurahan ke sejumlah wilayah kecamatan di Kab Sidoarjo yang ada kelurahannya. Seperti ke Kec Sidoarjo kota, Kec Krian, Kec Porong dan Kec Taman. Dan pihaknya sudah melaporkan konseppembinaan kelurahan ini pada atasan.
”Sudah kita mulai secara bertahab di Kec Sidoarjo kota dulu, kita ” potret” apa yang masih kurang di kelurahan kelurahan itu,” kata Imam.
Ia mengakui, misalnya masih ada sarana pelayanan di kantor kelurahan itu yang perlu untukdapat perhatian dan segera difasilitasi, agar bisa memberikan pelayanan yang baik dan nyaman pada warga
Memfasilitasi secara fisik, menurut pendapat Imam, tidak mesti harus dilakukan oleh Pemkabsaja. Tapi pihak kelurahan juga bisa mengajak sharing dengan warga dan perusahaan yang ada di sekitar untuk berpartisipasi atau konsep CSR (Coorporate Sosial Responbility).
”Ini namanya konsep pembangunan yang partisipatif, ngajak masyarakat agar peduli dengan lingkungan sekitarnya,” papar Imam.
Diakui pejabat yang tiga kali jadi Camat itu, di kelurahan selain perlu difasilitasi secara fisik, juga tak kalah perlu juga difasilitasi secara non fisik, seperti peningkatan kualitas SDM para ASN nya.
Menurut data, total kelurahan di Kab Sidoarjo ada sebanyak 31. Mereka berada di 4 kecamatan. Di Kec Sidoarjo kota ada 14 kelurahan, kec Taman ada delapan, Kec Porong ada 6 kelurahan dan Kec Krian tiga kelurahan. [kus]

Tags: