KPPS Kota Batu Dituntut Kreatif Tekan Golput

Ketua KPU Batu, Rochani, terlihat memeriksa logistik berupa kotak suara yang sudah disegel dan disimpan di Aula Kantor KPU Kota Batu

Kota Batu, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menyiapkan reward khusus bagi Tempat Pemungutan Suara (TPS) berprestasi dalam pelaksanaan Pilwali Batu, 15 Februari mendatang. Prestasi itu yang berhasil memaksimalkan tingkat partisipasi warga dalam memilih, atau meminimalisir angka golput.
Terkait hal ini, KPU Batu menyediakan dana Rp 750 ribu untuk pengadaan TPS. “Kita harapkan KPPS bisa mengeluarkan kreativitasnya untuk memanfaatkan dana tersebut, dalam membuat TPS yang mampu menarik warga untuk datang dan memberikan hak suaranya,” ujar Ketua KPU Kota Batu, Rochani, Selasa (7/2). Karena itu, pihaknya menyambut baik ketika ada TPS yang menyediakan doorprize atau hadiah terhadap masyarakat yang datang ke TPS. Dan hal ini bisa dilakukan jika KPPS mampu mengalokasikan dana yang dimiliki secara tepat. Misalnya, membuat TPS dengan memanfaatkan gedung sekolah, rumah warga, ataupun kantor instansi pemerintah.
Dengan demikian KPPS tak perlu mengeluarkan dana untuk sewa tenda, meja, dan kursi untuk mendirikan TPS.
“Tentu saja penggunaan tempat tersebut harus seijin manajemen sekolah, atau pemilik rumah, ataupun instansi Pemerintah,”jelas Rochani. Jika hal itu bisa dilakukan, maka KPPS bisa mengalokasikan dana yang dimiliki untuk pengadaan doorprize. Selain itu, KPPS juga dituntut jeli dan waspada dalam memilih lokasi yang representatif untuk dijadikan TPS. Hal ini mengingat kondisi cuaca yang cukup ekstrem dalam sebulan terakhir. Jangan sampai pemilih harus mendatangi TPS yang lokasinya terkurung banjir dan bahkan tanah longsor.
Diketahui, dalam Pilwali Batu pada 15 Februari mendatang, akan ada 420 TPS yang disediakan. TPS tersebut tersebar yakni, 100 TPS di Kecamatan Junrejo, 127 TPS di Kecamatan Bumiaji, dan 193 TPS di Kecamatan Batu.
Sementara, kemarin KPU Batu juga telah merampungkan packing logistik. Saat ini logistik itu disimpan dan disegel secara rapi di aula Gedung KPU Batu dengan penjagaan ketat dari Petugas Kepolisian dan TNI. “Ditargetkan packing logistik akan selesai pada Selasa (7/2). Namun penyelesaian melebihi target sehingga pada Senin (6/2), packing logistik sudah terselesaikan,”ujar Rochani.
Ada sebanyak 420 kotak suara yang sudah disegel dan disimpan di Aula KPU Batu. Adapun di dalam masing-masing kotak suara terdapat surat suara, kertas plano berhologram, form C1, form terkait pemilih, tinta, alat dan alas coblos serta segel. Sedangkan logistik yang ada di luar kotak suara meliputi, ATK DPT, tanda pengenal saksi, poster, daftar riwayat Paslon, dan denah TPS.
Kemudian logistik ini akan didistribusikan ke masing-masing TPS pada H-1. Mengaca pada pelaksanaan Pilkada Batu sebelumnya, dimana distribusi logistik bisa diselesaikan dalam waktu satu hari. Dan KPU Batu telah menyiapkan armada khusus untuk distribusi logistik ke masing-masing TPS. [nas]

Tags: