KOI Siap Bersinergi Demi Prestasi Asian Games

Ketua KOI, Erick Thohir.

Jakarta, Bhirawa
Imbaun pemerintah supaya induk organisasi olahraga bersinergi disambut dengan baik oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan lembaga ini siap melakukan kerja sama, termasuk dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).
“Asian Games 2018 mari kita jadikan tujuan utama dan merupakan titik awal kebangkitan olahraga Indonesia. Mari kita bersama-sama membuat rancangan. Sinergi, kami sangat setuju,” kata Ketua KOI Erick Thohir di sela seminar nasional Pembangunan Olahraga Nasional di Gedung Lemhanas, Jakarta, Rabu.
Menurut dia, sukses di Asian Games 2018 merupakan tujuan jangka pendek, sedangkan untuk tujuan jangka menengah adalah sukses pada Olimpiade 2020 di Jepang. Demi meraih sukses, dibutuhkan dukungan semua pihak termasuk KONI, pemerintah hingga pemangku kepentingan lainnya.
Asian Games 2018, kata Erick, bukan prestasi tapi bisa dijadikan alat pemersatu olahraga Indonesia. Untuk itu dukungan dari semua pihak dibutuhkan demi ketertinggalan yang selama ini ada.
“Secara Ekonomi kita semakin bagus, seharunya peningkatan ini harus diikuti prestasi olahraga. Masak kalah dengan negara Asia Tenggara lain di olimpiade. Kita juga mempunyai penduduk yang besar,” ucap Erick, menambahkan.
Pria yang juga Ketua INASGOG ini menjelaskan peningkatan prestasi olahraga memang menjadi tugas bersama. Pihaknya juga berharap pemerintah tidak hanya fokus untuk meningkatkan prestasi seperti sepak bola saja.
“Semoga ratas tidak hanya untuk sepak bola saja, namun juga untuk semua cabang olahraga,” ujar pria yang presiden klub Inter Milan itu.
Apa yang diharapkan oleh Erick Thohir ini ternyata didukung penuh oleh ketua KONI pusat Tono Suratman. Menurut dia, melalui kajian yang dilakukan bersama anggotanya termasuk pengurus cabang olahraga, pihak Lemhanas bisa menyampaikan ke presiden.
“Semoga hasil kajian ini bisa sampai ke presiden untuk bahan jika olahraga prestasi saat ini sangat butuh perhatian,” katanya saat dikonfirmasi.
Seminar yang berlangsung di sela Musornaslub KONI selain menghadirkan perwakilan dari Kemenpora, ketua KOI, praktisi olahraga juga menghadirkan Gubernur Lemhanas Agus Widjojo. [ira.ant]

Tags: