Kapal PT DLU Mampu Berlayar di Cuaca Buruk

KM..Darma Kencana milik Dharma Lautan Utama (DLU)

Surabaya, Bhirawa
Cuaca buruk yang dikabarkan oleh Badan Meteorologi Krimatologi dan Geofiaika ( BMKG ) menjadi kendala bagi perusahaan pelayaran, kondisi ini membuat banyak kapal yang sandar di pelabuhan Tanjung Perak menunda keberangkatan.
Kepala Cabang Tanjung Perak PT Dharma Lautan Utama (DLU), Donie Surya Putra, SE.MM saat dijumpai di ruang kerjanya Senin (13/2). mengatakan, pihaknya juga terus memantau kondisi cuaca, hal ini dilakukan untuk keselamatan penumpang.
“Disamping info resmi BMKG terkait cuaca, juga berdasarkan pada pengalaman selama ini selalu merespon terhadap kondisi cuaca buruk dengan menunda pelayaran kapal sebagai pertimbangan keselamatan baik kapal maupun muatannya,” ujar Donie.
Namun demikian, Donie mengakui bahwa kapal-kapal penumpang jenis Roll On – Roll Of (Ro-Ro) yang dimiliki PT DLU masih ada yang bisa dioperasikan meski cuaca buruk selama kondisinya masih bisa disesuaikan dengan pertimbangan kondisi kapal seperti KM Kirana, KM Kirana III, Kirana IX mengingat pengiriman kebutuhan pokok sangat diperlukan masyarakat seberang.
“Ada juga kapal yang masih bisa lakukan pelayaran meski cuaca buruk secara pandangan umum, karena kondisi kapal satu dengan yang lain tidak sama kemampuannya. Tidak selalu yang besar itu bisa tahan ombak tapi ada juga kapal yang lebih kecil mampu dioperasikan tentunya saat berlayar dilakukan perhitungan yang tepat,” jelasnya.
Yang terpenting dalam hal ini, lanjut Donie, keselamatan pelayaran yang dimaksud adalah selamat kapalnya maupun muatannya, lebih-lebih keselamatan penumpangnya. Dia mengambarkan, kalau kapal besar meski cuaca buruk mampu berlayar, bagaimana keselamatan muatannya karena tak jarang kapal aman namun muatannya berantakan.
“Kami juga pernah mengalami hal seperti itu beberapa waktu lalu, karena besarnya ombak isi muatan kapal truk mengalami berantakan,” akunya. [ma]

Tags: