e-KTP Tetap Buka di Hari Pencoblosan Pilwali Batu

Warga yang membawa Suket e-KTP bisa memberian hak suaranya di TPS dalam Pilwali Batu,kemarin.

Kota Batu, Bhirawa
Pemerintah Kota (Pemkot) Batu berkomitmen untuk menyelamatkan hak suara bagi warganya yang belum mengantongi e-KTP. Karena itu, pada hari pencoblosan Pilwali Batu kemarin (15/2), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Batu tetap memberikan layanan ke masyarakat. Hal ini dilakukan agar warga bisa meminta Surat Keterangan (Suket) pengganti e-KTP untuk bisa ikut mencoblos dalam Pilwali.
Diketahui, salah satu syarat bagi warga untuk bisa ikut dalam Pilkada adalah ahrus sudah mengantongo e-KTP. Namun tidak semua Warga Kota Batu sudah mengantongi e-KTP. Untuk itu warga tersebut harus meminta Surat Keterangan pengganti e-KTP dikeluarkan Dispendukcapil. Dengan membawa Suket e-KTP ini warga bisa memberikan hak suaranya di Pilwali.
“Saat ini kita sudah mengeluarkan sebanyak 14.221 Suket e-KTP untuk menghadapi Pilwali ini,” ujar Kadispendukcapil Batu, Maulidiono, Rabu (15/2) pagi.
Namun demikian, lanjutnya, masih ada sekitar 500 warga Batu belum ber-eKTP sekaligus belum mengurus Suket e-KTP. Mengantisipasi masalahah ini, maka Dispendukcapil memberikan kebijakan untuk tetap buka dan memberikan layanan kependudukan pada hari H Pilwali kemarin.
“Warga pada pagi hari bisa bisa mendatangi kami (Dispendukcapil) untuk meminta Suket e-KTP. Kemudian Suket ini bisa dibawa ke TPS sebagai pengantar agar pemegangnya bisa ikut mencoblos,”jelas Maulidiono.
Adapun pelayanan Suket dibuka kemarin hingga pukul 12.00 WIB. Selain layanan ekstra ini, Dispendukcapil juga mengoperasikan mobil keliling untuk memberikan layanan Suket e-KTP.Jadi, untuk mendapatkan Suket e-KTP ini warga tidak perlu mendatangi Kantor Dispendukcapil yng berada di Perkantoran Terpadu,Balaikot Among Tani. Namun merek cukup standby atau menunggu di Kantor Desa/ Kelurahan masing-masing.
Diketahui, Surat Keterangan e-KTP ini memiliki masa berlaku hingga 6 bulan. Dan ketika masa berlaku habis, warga juga bisa mengajukan perpanjangan sehingga bisa mendapatkan Suket e-KTP yang baru. Dan ketika material e-KTP sudah diterima Pemkot Batu, warga bisa langsung menukarkan suket-nya dengan e-KTP.
“Jadi pemegang Suket tidak perlu lagi mengurus pengajuan e-KTP, karena bisa menukarkan Suket yang dimilikinya dengan e-KTP,”pungkas Maulidiono. Namun ia tak bisa memastikan kapan material e-KTP tersebut bisa diterima Pemkot Batu. [nas]

Tags: