Dirut PDAM Sidoarjo Paling Ideal Tiga Orang

Bupati Saiful Ilah dan Abdul Basid Lao beberapa waktu lalu. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Bupati Sidoarjo masih belum menggunakan hak prerogatifnya untuk menetapkan Direktur PDAM Delta Tirta Kab Sidoarjo, hingga kini Bupati Sidoarjo Saiful Ilah masih menunjuk Abdul Basid Lao sebagai Pjs sejak 1 Januari 2017 seorang diri. Padahal, sebelumnya direksi dijabat empat orang.
Dalam pengelolaanya membutuhkan legalitas kepemimpinan atau pimpinan yang sah untuk menjalankan kewenangannya. Bahkan, Bupati Sidoarjo juga mendapatkan masukkan dari Sekda Sidoarjo, walaupun Pjs juga bisa diangkat secara sah dan hasilnya juga bisa menjadi baik.
Saat dimintai pendapat tentang hal itu, Pjs Dirut PDAM Delta Tirta Kab Sidoarjo tidak mau berkomentar banyak. Ia hanya mengaku siap menjalankan tugas apapun yang diperintahkan Bupati Sidoarjo. ”Saya tidak tahu, itu urusan Pak Bupati, yang penting saya siap menjalankan tugas yang diberikan,” kata Abdul Basid Lau saat ditemui di Pendopo Kab Sidoarjo, Kamis (23/2) kemarin.
Ia juga mengatakan kalau direktur itu idealnya dijabat oleh tiga orang, agar kinerjanya tak seperti yang dia alami sekarang ini. Bila seorang diri seperti sekarang, kinerjanya harus sering keluar masuk. ”Jadi, separuh di dalam, separuh lagi di luar. Tetapi jika tiga orang akan maksimal,” harap Abdul Basid Lao.
Sebelumnya, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah juga menegaskan, agar kinerja PDAM Delta Tirta Kab Sidoarjo bisa maksimal, pihaknya segera menggunakan hak prerogatifnya untuk mengangkat empat direktur PDAM Delta Tirta Sidoarjo agar proses manajemen PDAM tidak terlarut-larut. Kalau terlalu lama tentu saja akan berdampak dalam pengelolaannya.
Ia juga mengungkapkan, pengangkatan Direksi PDAM Delta Tirta sedang digodok oleh tim yang dipimpin Sekda Sidoarjo. Namun, dirinya mengusulkan untuk mengangkat secara langsung direksi tanpa ada proses seleksi Timsel. ”Itu kan hak prerogratif bupati mengangkat secara langsung direksi BUMD,” ucapnya.
Menurutnya, dengan pengangkatan langsung direksi definitif bisa akan segera terpilih. Hal tersebut akan mendorong kinerja PDAM Delta Tirta semakin meningkat karena memiliki direksi yang terpilih secara definitif. ”Saat ini kerjanya masih agak takut dan belum maksimal,” kata bupati dua periode ini.
Dia menegaskan, usulan pengangkatan langsung itu akan dikoordinasikan kembali dengan Sekda dan Bagian Hukum Pemkab Sidoarjo. Jika rekomendasinya diharapkan tetap melalui Timsel, maka harus bekerja cepat. Proses seleksi harus dilakukan dengan tepat dan memilih direksi yang tetap. ”Targetnya akhir Maret sudah ada direksi definitif,” tegasnya.
Seperti diketahui, Abdul Basid Lao kini menduduki jabatan Pjs Direktur Utama PDAM Delta Tirta per 1 Januari 2017, menggantikan Nur Ahmad Syaifuddin yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Sidoarjo. Jabatan yang diemban Basid juga termasuk menduduki tiga jabatan direksi lainnya.
Yakni, Direktur Administrasi dan Keuangan yang sebelumnya dijabat Basid Lao, Direktur Pelayanan yang dijabat Heru Firdaus dan Direktur Operasional yang dijabat Bambang Ribut Sugiatmono. Jajaran direksi itu termasuk Direktur Utama sebelumnya dipilih melalui Timsel. [ach]

Tags: