Bupati Situbondo Lantik Kades Gelung PAW 2017-2019

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto SH saat melantik Jasmoto sebagai Kades Gelung Pengisi Antar Waktu di balai desa setempat kemarin (9/2). [sawawi/bhirawa].

Situbondo, Bhirawa
Setelah beberapa bulan posisi Kepala Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo diisi oleh seorang Pj (pejabat sementara), akhirnya mulai kemarin (9/2) posisi tertinggi di Desa setempat terisi secara definitif. Ini setelah dalam pemilihan Kepala Desa yang digelar Pemkab Situbondo sosok Jasmoto berhasal mengalahkan dua calon Kades lainnya baru baru ini. Prosesi pelantikan Jasmoto sebagai Kades Gelung masa bakti 2017-2019 secara resmi dipimpin Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan Ketua TP-PKK Hj Ummi Kulsum.
Hadir dalam prosesi pelantikan diantaranya, Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Panarukan, Pj Kades Gelung Lutfi SH dan keluarga besar Kades Gelung definitif Jasmoto. Sejumlah elemen masyarakat Desa Gelung, mulai Tim Penggerak PKK, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat ikut serta memeriahkan acara pelantikan. Sejumlah pejabat dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa berikut Asisten I juga ikut memberikan kesaksian dalam prosesi pelantikan Kades yang terletak di pinggir pantai tersebut.
Dalam arahannya Bupati Situbondo Dadang Wigiarto meminta Kades Jasmoto untuk selalu bersama sama seluruh elemen masyarakat dalam memajukan pembangunan di Desa setempat. Selain itu Bupati Dadang juga meminta agar Kades baru untuk tidak membeda-bedakan mana pendukung dan mana mntan rival dua cakades yang sebelumnya pernah ikut kontestasi pilkades. “Saya minta agar Kades baru untuk kompak dalam memajukan Desa Gelung ini,” pinta Bupati Dadang.
Mantan Advokat itu juga menekankan agar Kades baru seyogianya mengawali jabatan dengan niat yang mulia dan luhur sehingga dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat kecil. Bupati dua periode itu juga meminta agar Kades Jasmoto dapat mengelola anggaran yang besar dengan sistem pelaporan keuangan yang baik. “Saya juga minta agar 10 program pokok PKK jangan disepelekan. Sebab peran wanita saat ini juga vital dan memiliki posisi yang strategis dalam pemerintahan desa,” ungkap Bupati Dadang.
Di sisi lain, Jasmoto ketika dikonfirmasi mengaku siap untuk menjalankan amanah dan pesan yang diharapkan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto usai pelantikan kemarin. Mantan Kades Gelung itu juga akan memprioritaskan program pokok PKK dan menekan angka kematian ibu dan anak (KIA) yang ada di Desa Gelung pada masa mendatang. “Saya siap untuk mewujudkan amanah dari Bupati Dadang Wigiarto dalam kepemimpinan selama 3 tahun kedepan ini,” tegas Jasmoto. [awi]

Tags: