Alasan Sakit, Dahlan Tak Datangi Pemeriksaan Kasus Mobil Listrik

Kepala-Subdirektorat-Tindak-Pidana-Korupsi-pada-Jaksa-Agung-Muda-Pidana-Khusus-Kejagung-Yulianto-saat-menjelaskan-absennya-Dahlan-Iskan-Senin-[6/2]-di-Kejati-Jatim.-[abednego/bhirawa]

Kejati Jatim, Bhirawa
Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan absen dari panggilan penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam kasus dugaan korupsi pengadaan mobil listrik di Kementerian BUMN. Ketidakhadiran Dahlan disertai tiga alasan yang diberikan kepada penyidik Kejagung di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, salah satunya alasan sakit.
Sedianya, Dahlan Iskan diperiksa tim Kejagung pada Senin (6/2) di Kantor Kejati Jatim. Namun, sekitar pukul 09.00 pagi salah seorang keluarga Dahlan, Miratul Mukminin atau Gus Amik menyampaikan surat ketidakhadiran Dahlan kepada penyidik Kejagung, disertai tiga alasan yang menyatakan absennya Dahlan dari pemeriksaan.
Adapun tiga alasan ketidakhadiran Dahlan adalah, pertama, belum ditentukannya penasehat hukum yang mendapingi di kasus mobil listriks. Kedua, surat panggilan dari Kejaksaan diterima lewat faksimile atau tidak resmi. Ketiga, Dahlan mengalami masalah dengan kesehatan badannya.
“Selain dua alasan tadi, kami mempertanyakan pemberitahuan surat panggilan yang hanya berupa faksimile. Selanjutnya kami meminta penjadwalan ulang untuk pemeriksaan Pak Dahlan,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Bupati Magetan ini, Senin (6/2).
Sementara itu, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Jatim Richard Marpaung mengiyakan pemanggilan Dahlan dalam statusnya sebagai tersangka kasus mobil listrik. Ia juga mengaku salah seorang pihak keluarga Dahlan meminta penjadwalan ulang untuk mantan Menteri BUMN tersebut.
“Iya, Pak Dahlan diperiksa hari ini (kemarin), namun tidak datang. Yang datang hanya dari pihak keluarga yang menyatakan Dahlan Iskan tidak datang karena sakit, dan minta dijadwalkan ulang pemanggilannya,” jelas Richard.
Perihal surat ketidakhadiran Dahlan, tim penyidik Kejagung pada kasus dugaan korupsi pengadaan mobil listrik telah menerima surat permohonan tunda pemeriksaan dari mantan BUMN, Dahlan Iskan. Penyidik memaklumi karena Dahlan beralasan kurang sehat.
Alasan kondisi kesehatan Dahlan jadi pertimbangan utama penyidik mengabulkan permohonan penundaan pemeriksaan Dahlan, daripada alasan-alasan lain, seperti karena surat panggilan diterima Dahlan melalui facsimile, tidak secara langsung. “Beliau membuat surat, memberitahukan kondisinya tidak sehat. Sehingga pelaksanaan (pemeriksaan)-nya minta ditunda,” tegas Kepala Subdirektorat Tindak Pidana Korupsi pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung, Yulianto, di Kantor Kejati Jatim.
Ditanya perihal alasan surat panggilan yang hanya via facsimile, Yulianto tidak mempersoalkan pernyataan pihak Dahlan yang menyampaikan bahwa surat panggilan pemeriksaan yang dikirim Kejagung melalui faksimile. Dia juga tidak menerangkan apakah itu sesuai prosedur atau tidak.
“Begini, yang penting surat panggilan sudah sampai dan beliau (Dahlan, red) menghargai itu dengan mengirim surat pemberitahuan,” pungkasnya.
Ditanya perihal penjadwalan ulang pemanggilan Dahlan Iskan, Yulianto mengaku masih mendiskusikan pengaturan ulang jadwal Dahlan. Bahkan pihaknya enggan mengungkapkan kapan Dahlan dipanggil lagi. “Masih dikoordinasikan dengan penyidik lainnya,” imbuhnya. [bed]

Tags: