2018, Bupati Targetkan Perbaikan Jalan Rusak Tuntas

Bupati Nyono Suharli Wihandoko saat menghadiri Musrenbang kecamatan didampingi seluruh kepala dinas dan sekda setempat, Senin (20/2).[ramadlan]

Jombang, Bhirawa
Bupati Nyono Suharli menargetkan pembangunan infrastruktur jalan rusak di Kabupaten Jombang tuntas pada 2018. Hal ini disampaikan Bupati Nyono saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tembelang pada 2018.
“Mulai saya menjabat bupati, dapat tinggalan jalan rusak sepanjang 1.116 km. Dibutuhkan anggaran sebesar Rp 2 triliun untuk perbaikan. Dan kalau ini diselesaikan secara normal butuh waktu selama 15 tahun,” ujarnya di hadapan peserta Musrenbang yang diikuti sekitar 200 delegasi dari kepala desa, BPD, tokoh masyarakat dan perempuan di Pendopo Kecamatan Tembelang, Senin (20/2).
Untuk itu pihaknya, lanjut Bupati Nyono bertekat memprioritaskan dan menyelesaikan perbaikan jalan agar bisa kembali mulus. “Target kita perbaikan jalan ini tuntas 2018 . Ini juga sesuai permintaan masyarakat. Asal tahu hampir 80 persen permintaan yang masuk ke saya adalah minta jalan yang kembali halus mulus seperti pipinya ibu-ibu penggerak PKK,” kata Bupati Nyono.
Dalam Musrenbang kecamatan, Bupati Nyono yang juga Ketua DPD Golkar Jatim ini meminta masyarakat dan juga pemerintah desa untuk tidak saling berebut atau mementingkan desanya masing masing. Akan tetapi usulan dalam Musrenbang diharapkan berdasar kebutuhan bersama antar desa.” Apalagi dana yang mengucur ke desa sekarang juga cukup besar untuk pembangunan. Karena usulan pembangunan dalam Musrenbang juga harus mengutamakan kepentingan bersama, bukan kepentingan satu desa saja,”tandasnya.
Nyono membeberkan APBD Kabupaten Jombang pada 2017 yang sudah ditetapkan bersama DPRD Jombang ini sebesar Rp 2,3 triliun. “Anggaran ini 50 persennya digunakan untuk memenuhi permintaan masyarakat dalam hal pembangunan khususnya di desa-desa,” pungkasnya. [rur]

Tags: