Pemkab Gresik Raih Nilai B dari MenPAN RB

Bupati Sambari saat menerima penghargaan dari Menteri PAN -RB, Asman Abnur. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan mendapatkan predikat nilai B alias baik.
Penyerahan penghargaan dilakukan Menteri PAN RB, Asman Abnur di Kantor Gubernur Jatim di Jl Pahlawan, Surabaya pada Selasa (31/1). Selain memberikan penghargaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) juga menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP).
Menteri Asman menyatakan, penyerahan evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dilakukan dalam rangka, untuk memberikan gambaran sudah sejauh mana instansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan kinerja atau hasil dari penggunaan anggaran.
Laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja diberikan dalam bentuk simpulan penilaian yang menunjukkan, derajat kemampuan setiap instansi pemerintah menerapkan pemerintahan yang berorientasi pada hasil. Usai menerima penghargaan, Bupati menyampaikan terima kasih dan bangga atas nilai B yang di dapat Pemkab Gresik pada tahun ini.
”Kami sangat berterima kasih kepada semua jajaran SKPD dan masyarakat yang membantu kami dalam bekerja, sehingga tahun ini kami memperoleh nilai baik. Tahun sebelumnya kita hanya mendapat nilai C. Nilai B kali ini berarti ada peningkatan dua tingkat dari sebelumnya,” ujar Sambari.
Tentang nilai B yang didapat, berarti Pemkab Gresik telah memiliki system manajemen kinerja yang dapat diandalkan. Seluruh aspek dokumentatif telah terpenuhi. Kualitas indicator kinerja telah berorientasi pada hasil. Pimpinan tinggi instansi pemerintah telah mulai menunjukkan keterlibatan langsung dalam proses manajemen kinerja. ”Prestasi ini berguna bagi perbaikan ke depan,” jelas Sambari.
Sementara Kepala Bagian Orgaisasi Pemkab Gresik Malahatul Fardah menyampaikan, nilai ini menunjukkan tingkat efisiensi. ”Semakin bagus nilainya, maka semakin efisien penggunaan anggaran terhadap hasil yang didapat dan dirasakan oleh masyarakat. Kedepan kami akan memacu agar efisiensi ini semakin baik serta nilai yang didapat semakin baik pula,” ungkap Fardah.
Pada kesempatan itu, Menteri Asman Abnur yang didampingi Gubernur Jatim, Soekarwo menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) seluruh pemerintah daerah wilayah regional II, yang mencakup pemerintah kabupaten/kota se-Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Lampung dan Jatim. [eri]

Tags: