Dewan Kembalikan Ranperda Usulan Pemkab Blitar

Candra Purnama. [Hartono/Bhirawa]

Kabupaten Blitar, Bhirawa
DPRD Kabupaten Blitar melalui Badan Pembentuk Peraturan Daerah (Bapperda) DPRD Kabupaten Blitar mengembalikan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usulan Pemerintah Kabupaten Blitar untuk dievaluasi kembali.
Hal itu dilakukan setelah dilaksanakan Rapat Kerja untuk pemantapan pembahasan 3 Ranperda yang diusulkan Eksekutif. “Sementara kami harus mengembalikan 3 Ranperda kepada Eksekutif untuk dievaluasi kembali,” kata Ketua Bapperda DPRD Kabupaten Blitar, Candra Purnama, Kamis (26/1) kemarin.
Lanjut Candra, beberapa hal yang menyebabkan Ranperda tersebut dikembalikan masih ada persoalan pada masing-masing Perda, salah satunya untuk Ranperda tentang Admindukcapil, dimana Undang-undang diatasnya merupakan Undang-Undang perubahan dari tahun 2006 ke 2013. Namun pada draft yang diusulkan Eksekutif pada Ranperda tidak mengacu pada Undang-Undang perubahan tetapi mengusulkan Perda baru. “Sehingga masih perlu review pada perda yang dimiliki Kabupaten Blitar tahun 2006, apakah merubah Perda itu atau membuat perda baru,” ujarnya.
Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar, Eko Budi Winarso mengaku pada Ranperda yang diusulkan kepada Legislatif merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang nomor 23 tahun 2006 dengan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, dimana ada kewenangan yang dilimpahkan dari Pusat terkait pelayanan Adminduk didaerah. “Jadi perlu ada perubahan pada pelayanan Adminduk didaerah sesuai undang-undang perubahan tersebut dengan adanya Ranperda tersebut,” jelasnya. [htn]

Tags: