Dangartap III Tekankan Prinsip Kebersamaan demi Kondusifitas Jatim

Perayaan-ibadah-Natal-bersama-TNI-Polri-dan-PNS-Gartap-III-Surabaya-serta-masyarakat-Jatim-Selasa-[31/1]-di-Graha-Samudra-Bumimoro.-[abednego/bhirawa].

(Perayaan Ibadah Natal Bersama TNI Polri dan PNS Gartap III Surabaya)
Surabaya, Bhirawa.
Puncak perayaan ibadah Natal TNI-Polri, PNS wilayah Garnisun Tetap (Gartap) III Surabaya dan masyarakat Jatim digelar secara khidmat di Graha Samudra Bumimoro, Selasa (31/1). Perayaan Natal bersama ini bertujuan untuk memantapkan kehidupan kerohanian sebagai insan hamba Tuhan.
Mengambil tema “Hari ini telah lahir bagimu Juru Selamat, yaitu Kristus, Tuhan di Kota Daud”, ibadah Natal bersama ini dihadiri Gubernur Jatim atau yang mewakili, Ketua DPRD Provinsi Jatim, Forkopimda Jatim beserta pada Pangkotama TNI-Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda serta para Pejabat TNI-Polri.
Komanda Gartap (Dangartap) III Surabaya Mayjen TNI I Made Sukadana dalam sambutannya yang dibacakan Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) Amirudin Harun mengatakan, semangat Natal ini dapat digunakan prajurit TNI-Polri wilayah Gartap III Surabaya beserta masyarakat Jatim untuk bahu membahu mewujudkan Jatim yang aman, tenteram dan damai.
“Selaku Dangartap III Surabaya dan pribadi, saya mengucapkan selamat Natal kepada hadirin sekalian. Kiranya semangat Natal tidak hanya dipahami dan dihayati secara benar, tetapi perlu diaktualisasikan pada tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari. Terutama ajaran tentang kebersamaan, kedamaian dan kasih sayang terhadap sesama,” kata Brigjen TNI (Mar) Amirudin Harun membacakan amanat Dangartap III Surabaya, Selasa (31/1).
Dengan ibadah Natal ini, lanjut Amirudin, dapat dimanfaatkan untuk merajut tali silahturahmi guna membangun persaudaraan yang kuat, berdasarkan kasih Tuhan Yang Maha Kuasa. Tujuannya tiada lain untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, damai dan sejahtera. “Intinya mewujudkan prinsip kebersamaan, kesetaraan dan kekeluargaan dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara yang dilandasi sikap saling menghormati dan menghargai satu sama lain,” ungkapnya.
Tak hanya itu, hidup berdampingan secara damai, tenteram dan harmonis merupakan ciri masyarakat Indonesia yang terkenal Pluralistiknya. Terlebih, masa depan bagi Negeri ini akan tercapai apabila setiap umat beragama dapat selalu menjaga keimanan dan ketakwaan serta mengedepankan kerukunan dan toleransi antar umat beragama.
“Melalui perayaan ibadah Natal ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat maupun para hadirin sekalian untuk senantiasa membentuk kehidupan yang damai, rukun, saling kasih saying demi memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Kedepankan sikap kebersamaan, dan hilangkan ego sektoral,” tegas Mayjen TNI I Made Sukadana dalam amanatnya.
Ditambahkan Made, pihaknya menghimbau para Prajurit TNI-Polri dan PNS se wilayah Gartap III Surabaya dan masyarakat Jatim untuk membentengi diri dari upaya hasutan maupun provokasi para pihak yang coba meretakkan hubungan TNI-Polri dengan rakyat. Kedepankan norma-norma agama dalam bertugas.
“Menjaga dan mengamankan NKRI harus dilandasi norma-norma luhur agama. Hal itu dapat dicerminkan dari sikap disiplin serta jiwa kejuangan yang tinggi, sehingga selalu siaga dan siap untuk melaksanakan panggilan tugas bagaimana pun bentuknya,” pungkas Brigjen TNI (Mar) Amirudin Harun diakhir membacakan amanat Dangartap III Surabaya. [bed]

Tags: