Bupati Lumajang Bantu Korban Rumah Roboh

Bupati Lumajang, Drs. As’at Malik M.Ag, menyerahkan bantuan uang tunai kepada Ny.Tami (70 th), salah seorang korban yang rumahnya roboh dan rata dengan tanah,akibat terjangan hujan lebat yang di sertai dengan angin kencang yang terjadi kemarin.

Lumajang, Bhirawa
Bupati Lumajang, Drs. As at Malik M.Ag, secara mendadak mengunjungi rumah Ny.Tami (70 th) , warga RT 06 RW 01 Dusun Tegir, Desa Pasirian Kecamatan Pasirian, salah seorang korban yang rumahnya roboh dan rata dengan tanah, akibat terjangan hujan lebat yang di sertai dengan angin kencang yang terjadi pada Jumat (28/1) lalu.
Kunjungan dan sekaligus pemberian bantuan tersebut dilakukan Bupati ,setelah adanya laporan dari BPBD Kabupaten Lumajang, yang menyebutkan bahwa hujan deras yang disertai angin kencang yang terjadi kemarin mengakibatkan korban material berupa rumah roboh dan adanya rumah yang mengalami rusak parah akibat tertimpa pohon pada saat yang bersamaan dengan kejadian yang telah merobohkan rumah bambu milik Tami.
Rumah bambu yang dihuni seorang janda tersebut mendapatkan perhatian khusus dari As at Malik karena kondisi rumahnya rata dengan tanah dan perlu mendapatkan bantuan secara cepat. Dalam kunjungannya yang mendadak pada sore hari (30/1) lalu, Bupati Lumajang,As at Malik mengajak para pimpinan SKPD terkait, di antaranya Kepala BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah), Plt. Kepala Dinsos, Plt.Kepala BPBD Kabupaten Lumajang, serta Muspika Kecamatan Pasirian dan perangkat desanya, bersama sama langsung meninjau lokasi korban. “Kita bersama SKPD terkait datang ke rumah ibu Tami ini untuk membantu meringankan penderitaan akibat terkena musibah angin kencang,” ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Lumajang menyerahkan bantuan berupa uang tunai sebesar Lima Juta Rupiah dan diberikan langsung kepada, korban Tami. Dia juga mengingatkan, agar masyarakat dapat tumbuh partisipasi kepeduliannya untuk membantu sesama terutama bagi mereka yang mendapatkan musibah baik berupa tenaga dan pikiran yang bisa diwujudkan dalam bentuk gotong royong. “Rumah Ibu Tami ini harus segera dibangun kembali secara gotong royong,” ujarnya.
Tidak hanya itu, angin kencang saat hujan deras itu juga menimpa rumah Mistari, yang rumahnya juga rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang di samping rumahnya, beruntung kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa hanya kerusakan rumah akibat tertimpa pohon yang tumbang.
Secara terpisah, Plt. Kepala BPBD Kabupaten Lumajang, Agus Budianto menjelaskan, pasca mendampingi Bupati ke rumah korban, pada malam harinya pihaknya memberikan bantuan Logistik juga Korban, Tami berupa selimut, Kasur, Matras, Family Kit, Tikar, sembako serta makanan tambahan, di antaranya Makanan siap saji, tambahan gizi, lauk pauk masing-masing dua paket.
Secara kronologi dijelaskannya bahwa peristiwa tersebut terjadi pada Jumat malam sekitar pukul 18.45 WIB, yaitu terjadi hujan deras yang disertai angin kencang, dan mengenai rumah korban,hingga rumah yang terbuat dari bambu yang dihuni Tami roboh dan rata dengan tanah, akibat tidak mampu menahan terpaan angin yang disertai hujan lebat itu. Dalam kejadian itu tidak membawa korban jiwa, hanya kerugian material yang ditaksir mencapai 10 Juta Rupiah.
Agus Menegaskan bahwa bantuan uang tunai yang diberikan oleh Bupati tersebut diharapkan juga untuk dapat merangsang warga serta elemen masyarakat yang lain untuk ikut peduli terhadap sesama,serta untuk merangsang giat gotong-royong dari warga sekitar korban. [dwi]

Tags: