UPT Pasar Kota Batu Tindak PKL Nakal

Petugas mengamankan puluhan lapak yang ditaruh dalam selokan di depan Pasar Batu.

Petugas mengamankan puluhan lapak yang ditaruh dalam selokan di depan Pasar Batu.

Kota Batu, Bhirawa
Selama ini pengembangan Pasar Batu selalu menjadi kendala bagi Pemerintah Kota (Pemkot). Selain renovasi Pasar Batu yang gagal terealisasi di tahun ini, penataan dan pengaturan pedagang sering membuat Petugas UPT Pasar Batu ‘pusing’. Akhirnya merekapun tidak memberikan toleransi kepada para ‘pedagang nakal’ ini.
Menurut Fadli, pelanggaran ini dilakukan oleh oknum PKL malam yang berjualan di depan pasar mulai pukul 01.00 dini hari hingga pukul 07.00 pagi. Di kelompok ini terdapat kurang lebih 945 PKL.
“Jauh hari kita sudah mensosialisasikan kepada PKL terkait aturan penataan lincak atau lapak mereka. Termasuk sudah kita beritahukan jika ada pelanggaran, kita akan melakukan penertiban lapak sewaktu-waktu,” ujar Kasubag Tata Usaha, UPT Pasar Batu, Fadli AM, Rabu (2/11).
Sebenarnya sudah ada kesepakatan antara pedagang dengan UPT. Salah satunya lapak harus dibersihkan dan ditempatkan di lokasi yang sudah disepakati bersama.
“Padahal sudah ada juru angkut lincak, dan juga sudah tersedia lokasi khusus yang disiapkan oleh menaruh lincak selama tidak dipergunakan. Namun ada PKL yang nakal menaruh ditempat yang tidak semestinya,”jelas Fadli.
Akhirnya petugaspun melakukan tindakan tegas. Mereka melakukan penertiban lincak sekaligus membuangnya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Ketegasan ini diharapkan agar ke depan PKL menaati peraturan yang sudah disepakati bersama.
Kemarin (2/11) Petugas melaksanakan penertiban lincak PKL yang ditaruh di tempat tidak semestinya. Puluhan lincak disita oleh pegawai UPT Pasar Batu karena ditempatkan di selokan.
Selain mengakibatkan kondisi pasar terlihat tidak rapi, keberadaan lincak ini bisa mengakibatkan banjir ketika turun hujan. Karena itulah, petugas mengangkut puluhan lincak tersebut dan membuangnya di TPA Tlekung. [nas]

Rate this article!
Tags: