Potensi Pemilih Non e-KTP Capai 23.937 Orang

Suasana Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara yang digelar di Hotel Riverstone, Selasa (1/11).

Suasana Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara yang digelar di Hotel Riverstone, Selasa (1/11).

Kota Batu, Bhirawa
Menghadapi Pemilihan Walikota (Pilwali) Batu pada Februari tahun depan, Kota Batu saat ini memiliki Potensi Pemilih non e-KTP mencapai 23.937 orang. Hal ini menjadi tugas bagi Penyelenggara Pemilu agar para Potensi Pemilih Pemula ini bisa mendapatkan haknya ikut serta memberikan suara. Besarnya potensi pemilih non e-KTP ini diketahui dalam Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara yang digelar di Hotel Riverstone, Selasa (1/11).
Diketahui, dari Pemilih Potensial non e-KTP ini terdiri dari 11990 laki-laki, dan 11.947 perempuan. Adapun kelompok ini paling banyak berada di Kecamatan Bumiaji, Yakni mencapai 7101 orang. Adapun di Kecmatan Batu, Potensi Pemilih non e-KTP 5585 orang, dan di Kecamatan Junrejo 5695 orang.
“Menjadi tugas kita bersama untuk mengupayakan agar para potensi pemilih non e-KTP ini bisa memberikan suaranya dalam pelaksanaan Pilwali Batu pada 15 Februari 2017 nanti,”ujar Ketua KPU Batu, Rochani.
Dalam Rapat Pleno kemarin, masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyampaikan laporannya terkait hasil pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah dilakukan. Namun pemutakhiran akan terus dilakukan sebelum akhirnya ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Dan dibutuhkan partisipasi semua pihak agar akurasi Daftar Pemilih ini bisa dipertanggung jawabkan,”tambah Rochani.
Adapun Berita Acara (BA) hasil pemutakhiran DPS ini dibacakan langsung oleh Ketua PPK masing-masing Kecamatan. Hasil Pemutakhiran PPK Batu, di Kecamatan ini memiliki 68.850 pemilih, terdiri dari 34.189 pemilih laki-laki, dan 34.391 pemilih perempuan. Untuk mereka, PPK menyedikan 193 TPS yang tersebar di semua desa di kecamatan tersebut.
Kemudian hasil pemutakhiran PPK Bumiaji, di Kecamatan ini memiliki 44.548 pemilih, terdiri 22.371 pemilih laki-laki dan 22.177 pemilih perempuan. Dan untuk mereka, PPK Bumiaji menyediakan 127 TPS. Sedangkan dari hasil pemutakhiran PPK Junrejo, di Kecamatan ini memiliki 36.600 pemilih yang terdiri 17.906 pemilih laki-laki, dan 18.694 pemilih perempuan. Untuk pemilih ini, PPK menyedikan 100 TPS.
Dengan hasil pemutakhiran di atas, maka dalam Pilkada depan, di Kota Batu untuk sementara memiliki 149.728 pemilih dengan 420 TPS yang disediakan.
Selama Pleno berlangsung, ada permasalahan yang disampaikan Panwaslih. Yakni berkiatan dengan adanya perbedaan data pemilih, antara yang ada di Berita Acara (BA) dengan Sistem Pendaftaran Pemilih (Sidarlih).
Jumlah selisih juga cukup besar, yakni sekitar 4000 orang. 5an jumlah selisih terbesar ada di Kecamatan Batu, yakni mencapai 3401 orang. Menyikapi masalah ini KPU Batu berjanji akan melakukan perbaikan. Karena ada kemungkinan jumlah pemilih yang tercantum di BA belum dimasukkan ke Sidarlih. [nas]

Tags: