Pemkab Blitar Peringati Hari Pahlawan 2016

Bupati Blitar, Drs. Rijanto saat melaksanakan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya yang berada di Jalan Soedanco Supriadi Kota Blitar. [Hartono/Bhirawa]

Bupati Blitar, Drs. Rijanto saat melaksanakan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya yang berada di Jalan Soedanco Supriadi Kota Blitar. [Hartono/Bhirawa]

(Hari Pahlawan Tahun 2016 Semangat Kepahlawan, Semangat Membangun Negara)
Kab.Blitar, Bhirawa.
Pemerintah Kabupaten Blitar bersama TNI dan Polri Memperingati Hari Pahlawan pada tanggal 10 Nopember 2016 kemarin dengan menggelar Upacara dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Raden Wijaya, Kamis (10/11) kemarin. Tahun ini peringatan Hari Pahlawan 2016 sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.
Bahkan setiap jaman memiliki tantangannya tersendiri, dan oleh karena itu setiap jaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan jamannya. Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Demikian sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan oleh Komandan Kodim 0808, Letkol Arh. Surya Dani saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016 di Aloon-Aloon Kota Blitar.
Dalam sambutan tersebut juga ditegaskan, peringatan Hari Pahlawan didasarkan pada peristiwa ‘Pertempuran 10 November 1945’ di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.
“Peristiwa tersebut memberikan pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah Politik Ketakutan, melainkan Politik Harapan. Artinya seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan,” kata Letkol Arh. Surya Dani.
Pada Peringatan Hari Pahlawan menurutnya harus mampu menggali apinya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang. Berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi. “Semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun Negara,” ujarnya.
Lebih lanjut disampaikannya bahwa, Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir dengan menawarkan Visi transformatif yakni Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong.
Bahkan dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut Nawa Cita. Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dalam tiga ranah, yakni mental-kultural, material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara aksereratif , berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Bupati Blitar, Drs. Rijanto pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini generasi muda di Kabupaten Blitar bisa meneladani nilai-nilai kepahlawanan di dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan, dimana tanpa ada perjuangan para pahlawan yang berhasil merebut kemerdekaan bangsa ini maka Bangsa Indonesia tidak akan seperti saat ini. “Nilai perjuangan saat masih dalam penjajahan tidak bisa diukur dengan nilai apapun, untuk itu mari kita manfaatkan dan tanamkan jiwa patriotisme untuk membesarkan bangsa ini agar lebih maju lagi,” kata Drs. Rijanto.
Sementara usai mengikuti Upacara dengan tema Hari Pahlawan 2016, “Satukan Langkah Untuk Negeri”, Bupati Blitar, Drs. Rijanto bersama Anggota Forpimda dan seluruh Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar melaksanakan Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya dengan Inspektur Upacara dalam kegiatan tersebut, Wakil DPRD Kabupaten Blitar, Sugianto. Peserta upacara selain dari ASN Kabupaten Blitar juga dari TNI/POLRI, Anggota Veteran, Anggota Dharma Wanita Persatuan, serta TP PKK Kabupaten Blitar. [htn, adv]

Tags: