Hari Pahlawan,Tak Ada Warga Sidoarjo Pasang Bendera

Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi

Sidoarjo, Bhirawa
Peringatan Hari Pahlawan 10 November, Kamis (10/11) kemarin, di Kab Sidoarjo tidak ada warga yang memasang bendera merah putih di depan rumah mereka. Sejumlah Camat yang ditemui saat mengikuti upacara peringatan hari Pahlawan, di Alun-alun Kota Sidoarjo, mengatakan karena tidak mendapat intruksi untuk diteruskan ke desa, untuk memasang bendera merah putih kepada warga. Bahkan ada Camat yang tak menjawab, tapi hanya cukup tersenyum.
Staf Bagian Humas Protokol Pemkab Sidoarjo, mengatakan dalam peringatan hari besar nasional kali ini, memang tidak mengirim surat edaran (SE) ke Kecamatan untuk diteruskan ke Desa agar memasang bendera. Mereka hanya mengirim SE, saat peringatan HUT kemerdekaan RI saja.
Kepala Bakesbangpol Kab Sidoarjo, Drs Yusuf Isnayanto MSi, menegaskan kini rasa nasionalisme warga semakin menipis. Seperti di sekitar tempat tinggalnya di Perum Bumi Suko Kec Sidoarjo. Menurutnya, kadang ada perangkat desa yang sudah woro-woro untuk memasang bendera saat hari besar nasional. Tapi kadang tetap saja warga tidak melakukannya.
”Warga itu kadang terbiasa memasang bendera merah putih saat peringatan HUT kemerdekaan RI saja, tapi harusnya tiap hari besar nasional lainnya ya harus memasang, apalagi seperti kali ini moment Hari Pahlawan,” komentarnya.
Kasubag Protokol Bagian Humas Protokol Pemkab Sidoarjo, Kusdianto SH, mengatakan warga harusnya punya kesadaran sendiri memasang bendera merah putih saat hari besar Nasional. Tidak melulu harus menunggu perintah.
”Kini rasa Nasionalisme warga semakin tipis. Sekarang warga banyak yang berubah menjadi egois. Ia prihatin dengan perkembangan rasa nasionalisme generasi yang akan datang. Diworo-woro saja kadang tidak pasang, apalagi bila tidak diworo-woro,” katanya.
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, usai menjadi Inspektur upacara hari Pahlawan, kemarin, sempat kaget kenapa warga tidak memasang bendera merah putih. Menurut Ia, harusnya memasang karena itu sebagai bentuk penghargaan untuk jasa-jasa para pahlawan bangsa. [kus]

Tags: