Cuaca Tak Menentu, PMI Diminta Waspada

10-cyn-cuacaKab Malang, Bhirawa
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, yang juga menjabat sebagai Bupati Malang H Rendra Kresna, melakukan evaluasi kinerja organisasi bidang kemanusian selama tahun 2016.
Kegiatan evaluasi tersebut dikemas dalam kegiatan Musyawarah Kerja yang digelar di kantor PMI Kabupaten Malang, di wilayah Kecamatan Pakisaji, kabupaten setempat.
“Evaluasi kerja ini kita gelar setiap tahun, sehingga kinerja PMI bisa diketahui, apa-apa saja selama setahun kegiatan yang sudah dilakukan,” papar Ketua PMI Kabupaten Malang H Rendra Kresna, Rabu (9/11), seusai menggelar Musyawarah Kerja, di Markas PMI kabupaten setempat, di wilayah Kecamatan Pakisaji.
Sebagai salah satu di Jawa Timur sebagai daerah rawan bencana alam, PMI Kabupaten Malang harus siap siaga, dan agar cepat memberikan respon kepada masyarakat. Oleh karena itu, personel PMI maupun relawan harus cekatan dalam berbagai hal dalam menangani bencana alam.
Ditegaskan, kegiatan Musyawarah Kerja ini, selain menjadi amanat Undang-Undang (UU) juga diharapkan bisa menghasilkan kesepakatan yang optimal untuk peran serta PMI di Kabupaten Malang. Serta musyawah ini melahirkan kesepakan yang baik dan berguna khususnya kepada masyarakat Kabupaten Malang.
Di tempat yang sama, Sekretaris PMI Kabupaten Malang Apprilianto menambahkan, kegiatan yang digelar kemarin dihadiri seluruh kader yang tersebar di 33 kecamatan. Disebutkan, PMI Kabupaten Malang saat ini memiliki sukarelawan sebanyak 800 orang personil dan 3000 orang yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR), yang tersebar diberbagai sekolah.
“Ditambah lagi dari Korps Sukarela (KSR) dan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat), dimana masing-masing desa di wilayah kecamatan sudah ada personil Sibat tersebut,” jelasnya. [cyn]

Tags: