APK Paslon Mulai Bermunculan di Kota Batu

Petugas dari KPU Batu terlihat sedang memasang APK di Jl.Sultan Agung Kota Batu

Petugas dari KPU Batu terlihat sedang memasang APK di Jl.Sultan Agung Kota Batu

Kota Batu, Bhirawa
Mulai kemarin (7/11) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu mulai memasang Alat Peraga Kampanye (APK) di beberapa titik strategis di Kota Batu. Pengadaan dan pemasangan APK ini dilakukan KPU bersama Tim Sukses keempat Pasangan Calon (Paslon). Kordinir langsung oleh KPU Batu dilakukan agar tidak terjadi gesekan atau konflik di masyarakat terkait APK.
Khusus pemasangan APK oleh KPU Batu ini dilaksanakan dalam tiga tahap. “Sesuai jadwal, pemasangan APK ini harus sudah selesai dalam kurun waktu 14 hari ke depan,”ujar Komisioner KPU Batu, Syaifuddin, Senin (7/11).
Di tahap pertama ini, KPU Batu melakukan pemasangan APK di Jalan Sultan Agung atau di depan Hutan Kota Bondas. Diketahui, di tingkat kota, KPU Batu menyedian menyediakan 4 baliho untuk masing- masing Paslon. Kemudian di tingkat Kecamatan, masing-masing Paslon mendapatkan jatah 20 spanduk kampanye, dan i tingkat desa mendapatkan jatah 32 umbul- umbul.
“Untuk titik pemasangan APK sudah ditentukan, tinggal koordinasi sama tim kampanye masing- masing Paslon,”tambah Erfanuddin, Komisioner KPU Batu yang lain.
Sementara, anggota Tim Kampanye Paslon nomor 2, Hariyono, mempertanyakan soal garansi APK. Yaitu, siapayang bertanggung jawab jika terjadi kerusakan atau hilangnya APK.  “Kalau hilang dan rusak, apa ada garansi dari KPU, mengingat masa kampanye cukup lama, yaitu sampai 107 hari,” tanya Hariyono.
Menanggapi hal itu, KPU tidak menjamin dengan adanya garansi. Maksdunya, setelah dipasang dan diserahkan ke masing-masing Palson, maka wewenang dan tanggung jawab terhadap APK sudah berada di tim kampanye masing- masing Paslon.
“Setelah diserahkan maka langsung menjadi tanggung jawab Paslon untuk pemeliharaan dan perawatannya,”jawab Syaifuddin. [nas]

Tags: