Airlangga Book Sale, Pancing Minat Baca Lewat Buku Murah

Airlangga Book Sale berhasil menarik antusiasme pembeli karena tawaran harga yang sangat murah antara Rp10 ribu - Rp20 ribu saja. [adit hananta utama/bhirawa]

Airlangga Book Sale berhasil menarik antusiasme pembeli karena tawaran harga yang sangat murah antara Rp10 ribu – Rp20 ribu saja. [adit hananta utama/bhirawa]

Surabaya,Bhirawa
Tantangan serius mewujudkan budaya literasi bukan cuma soal minat baca yang rendah. Karena harga buku yang mahal, juga dianggap sebagai biang masalah. Padahal, menarik penggemar buku cukup mudah jika harga yang ditawarkan terjangkau.
Itu terlihat saat Airlangga Book Sale yang digelar mulai kemarin, Senin (7/11) hingga sepekan mendatang. Penawaran buku yang tergolong sangat murah, tak urung membuat ratusan pembeli dalam sekejap memenuhi stand yang berlokasi di halaman Kampus C Universitas Airlangga (Unair) itu.
Sity Masyto salah satu pengunjung yang memanfaatkan kesempatan ini. Perempuan berstatus mahasiswa aktif ini menunjukkan dua novel yang dibelinya dengan harga Rp30 ribu. “Yang satu ini dua seri harganya Rp20 ribu. Satu judul lagi Cuma Rp10 ribu,” terang Masyto.
Dia melihat buku yang ditawarkan cukup murah. Karena itu, membeli dua buku saja dia mengaku masih kurang. “Ini lagi mau cari-cari novel lagi mumpung harganya murah banget,” katanya.
Pengakuan serupa diungkapkan Rachmat Soleh. Pria asal Bogor itu langsung membeli empat buku tentang pemasaran dengan harga total Rp40 ribu. “Masing-masing harganya Rp10 ribu. Dengan kualitas yang seperti ini, selama hidup ini buku paling murah yang pernah saya beli,” kata Rachmat. Empat buku saja kurang, Rachmat masih berencana meneruskan pencarian bukunya karena harga yang murah.
Panitia Airlangga Book Sale M Fachri Zulkiflal mengatakan, dalam pameran buku ini sedikitnya ada 100 ribu eksemplar buku yang ditawarkan ke pengunjung. Dia yakin, antusiasme pengunjung akan terus bertambah setiap harinya hingga pameran itu berlangsung selama sepekan.
“Ini kesempatan yang cukup langka karena harganya bener-bener dibanting. Kita sortir buku-buku yang berkualitas tapi harganya cuma Rp10 ribu – Rp20 ribu,” kata dia.
Daintara 100 ribu eksemplar buku itu, dia jenis buku yang ditawarkan antara lain buku kuliah, novel, komik, biografi dan berbagai buku populer lain. “Murah bukan berarti buka lama. Justru ini buku-buku baru yang maksimal baru terbit dua tahun lalu,” kata dia.
Pameran yang digelar atas dukungan Prodi Ilmu Informasi dan Perpusatakaan Unair itu diakui Fachri baru pertama kalinya. Namun, dia melihat antusiasme pengunjung yang diluar ekspektasi. Ini karena daya beli masyarakat terhadap buku yang ditawarkan sangat terjangkau.
“Kita berharap daya beli buku yang tinggi ini akan berdampak positif pada peningkatan minat baca baik mahasiswa, pelajar maupun masyarakat pada umumnya,” pungkas Fachri. [tam]

Tags: